ASDP Catat Pemudik Lebaran dari Jawa ke Sumatera via Merak Naik 5% Capai 800 Ribu Orang

SetyoNt - Minggu, 23 April 2023 21:42 WIB
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp3,87 triliun dan laba bersih sebesar Rp552 miliar hingga November 2022.

Jakarta, Jatengaja.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat total penumpang pemudik Lebaran yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak mulai dari H-10 hingga H-2 mencapai 801.049 orang.

Jumlah penumpang pemudik Lebaran tersebut tercatatnaik sebesar naik 5% dibandingkan realisasi periode sama pada Lebaran tahun lalu sebanyak 760.911 orang. Sedangkan total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 188.295 unit atau naik 4% dibandingkan dengan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 180.465 unit.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan kendati terjadi antrean seiring dengan peningkatan volume jumlah penumpang dan kendaraan di puncak arus mudik Lebaran, namun layanan penyeberangan tetap aman dan terkendali.

"Secara umum, berdasarkan evaluasi manajemen dengan mitra dan stakeholder yang terlibat, kami melihat bahwa layanan arus mudik Angkutan Lebaran kali ini berjalan jauh lebih baik dari tahun lalu. Tentu hal ini karena adanya peningkatan kualitas koordinasi yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh pengguna jasa," ujar Ira, dalam keterangan resmi, dikutip Minggu, 23 April 2023 dilansir trenasia.com jaringan Jatengaja.com.

Berdasarkan data H-2 Lebaran, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 48 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 165.860 orang atau sama dengan tahun lalu sebanyak 165.037 orang.

Kendaraan roda dua mencapai 18.521 unit atau naik 27% dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 14.606 unit. Tercatat realisasi kendaraan roda empat mencapai 18.756 unit atau turun 8% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 20.446 unit.

Adapun total seluruh kendaraan tercatat 39.541 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra pada H-2 atau naik 8% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 36.683 unit.

Sebaliknya, total penumpang yang menyeberang dari Sumatra ke Jawa mulai dari H-10 hingga H-2 tercatat 362.964 orang atau naik 9% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 334.419 orang. Total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 69.978 unit atau naik4% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebanyak 67.576 unit.

"Selama periode yang sama, kami juga mencatat peningkatan arus kendaraan roda empat dari Sumatra ke Jawa. Hal ini menunjukkan bahwa arus angkutan Lebaran tidak hanya terjadi dari Jawa ke Sumatra, namun juga sebaliknya," ujar Ira.

Di sisi lain, Ira turut mengapresiasi dukungan dan kerja sama pengguna jasa dalam memudahkan pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini. Ia mengungkapkan tahun ini, 95% pengendara motor telah melakukan reservasi tiket melalui Ferizy sebelumnya. Angka ini mengalami peningkatan signifikan dari tahun lalu yang hanya berada di bawah 20%.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pengguna jasa yang antusias untuk melakukan reservasi tiket lebih awal via Ferizy. Terima kasih karena telah mematuhi imbauan baik dari Presiden dan para Menteri untuk mudik lebih awal dan telah bertiket saat tiba di pelabuhan," ujar Ira.

ASDP berharap kelancaran selama arus mudik Lebaran juga dapat terwujud saat arus balik mendatang. "Tugas kami belum usai, Insya Allah arus balik Lebaran mendatang juga dapat terlayani dengan baik, lancar, tertib dan selamat," ujarnya lagi.

Ira menambahkan, kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran.

ASDP telah membuka penjualan tiket ferry periode Angkutan Lebaran 2023 sejak 60 hari sebelumnya. Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, dapat memesan tiket ferry untuk arus balik Lebaran mulai dari sekarang karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan.

Tiket online penyeberangan bisa dibeli hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Laila Ramdhini pada 23 Apr 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS