Akselerasi Menuju Aset Rp 1 Triliun pada 2022, Kantor Pusat Baru BPR Arto Moro Resmi Beroperasi

Sulistya - Selasa, 12 Juli 2022 10:31 WIB
Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali (PSP) BPR Arto Moro, Dr H Subyakto SH MH MM berfoto bersama dengan jajaran komisaris, Direksi, pejabat eksekutif, dan karyawan BPR Arto Moro di tangga pintu masuk kantor pusat BPR Arto Moro, Jl Elang Raya No 99, Mangunharjo, Tembalang, Semarang.

Semarang, Jatengaja.com – Meski didera pandemi Covid-19 selama lebih dari dua tahun, namun performa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tetap baik. Industri BPR nasional relatif masih mampu menjaga kinerjanya selama masa pandemi.

Pada tahun 2022, industri BPR diproyeksikan tumbuh jauh melebihi pertumbuhan tahun kemarin.

Salah satu BPR yang terus menunjukkan peningkatkan kinerja keuangannya adalah BPR Arto Moro. Dalam rangka mewujudkan misinya menjadi BPR terbaik di Kota Semarang, BPR peraih Infobank Award 2021 dan Top 100 BPR 2022 tersebut terus melakukan inovasi layanan dan infrastruktur.

Salah satu inovasi tersebut adalah pembangunan gedung kantor pusat baru setinggi 9 lantai yang terletak di Jalan Elang Raya No 99, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang. Setelah diresmikan dalam acara Gala Dinner yang berlangsung sangat meriah pada 2 Juli 2022 yang lalu, mulai tanggal 11 Juli 2022 kantor pusat baru BPR Arto Moro tersebut resmi mulai beroperasi.

Darmawan SSos, Direktur Utama BPR Arto Moro mengatakan, terhitung mulai 11 Juli 2022, operasional kantor pusat BPR Arto Moro resmi berpindah ke Jalan Elang Raya No. 99, Mangunharjo, Semarang. Adapun kantor pusat lama yang terletak di Jalan Gajah Raya No. 155 Semarang, nantinya akan difungsikan sebagai kantor cabang.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa segenap nasabah, masyarakat, dan mitra stakeholder. Mulai Senin, 11 Juli 2022, kantor pusat BPR Arto Moro di Jalan Elang Raya No. 99, Mangunharjo, Semarang resmi beroperasi,” kata Darmawan.

Dikatakan, kantor pusat baru BPR Arto Moro dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan, kebugaran, rekreasi, dan tempat ibadah yang bisa digunakan karyawan maupun masyarakat. Hal itu merupakan salah satu inovasi untuk mewujudkan misi BPR Arto Moro, yaitu berakselerasi menjadi BPR terbaik di Kota Semarang. “

“Dengan gedung representatif, sarana pendukung memadai, dan SDM yang handal maka target pertumbuhan aset rata-rata 70% secara yoy bukanlah hal yang aneh dan mustahil. Pertumbuhan aset tersebut diikuti juga dengan peningkatan pelemparan kredit dan penghimpunan dana masyarakat sehingga manfaatnya akan langsung dirasakan oleh masyarakat,” tutur Darmawan.

Strategi dan Inovasi

Dijelaskan, pertumbuhan rata-rata 60% dalam 3 tahun terakhir merupakan buah dari rangkaian strategi dan inovasi yang terus dilakukan BPR Arto Moro. Menurutnya, bagi pelaku bisnis adalah wajar untuk berpikir bagaimana perusahaan bisa tumbuh dengan cepat sehingga dampak dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, karyawan, pengelola, dan pemegang saham.

“Dalam beberapa hal, cara pandang pebisnis tidak bisa disamakan dengan cara pandang birokrat. Direktur seperti saya dituntut untuk selalu menciptakan ide, gagasan dan inovasi agar perusahaan tumbuh dengan cepat dan aman. Apabila berjalan normatif dengan pola pikir konvensional, maka pertumbuhan tidak akan bisa sepesat dan secepat ini,” ujar Darmawan.

Hanya dengan pertumbuhan yang cepat maka BPR akan dapat berperan lebih dalam membantu program pemerntah untuk mentrigger perekonomian daerah dan membantu UMKM bangkit pascapandemi.

“Tidak hanya di indusri keuangan, di industri manapun pertumbuhan pesat adalah menunjukkan keberhasilan inovasi dan strategi perusahaan. Semakin cepat pertumbuhan BPR, maka akan semakin cepat pula perusahaan mewujudkan visi dan misinya yaitu peningkatan kesejahteraan dan kebermanfaatan, baik baik eksternal maupun internal perusahaan. Ini adalah hal yang sangat bagus dan harusnya menjadi goal setiap perusahaan,” kata Darmawan.

Dalam rangka tahap akhir proses kepindahan kantor pusat tersebut, pada Jum’at, 8 Juli 2022 dilakukan proses konvoi perjalanan kepindahan dari kantor pusat lama ke kantor pusat baru. Dengan pengawalan dari petugas kepolisian, iring-iringan mobil BPR Arto Moro melewati ruas Jl. Gajah Raya – Jl. Majapahit – Jl. Tentara Pelajar – Kedungmundu – dan finsih di Jl. Elang Raya. Rombongan kepindahan BPR Arto Moro tersebut menjadi pusat perhatian pengguna jalan dan masyarakat umum yang sesekali melambaikan tangan.

Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali BPR Arto Moro, Dr H Subyakto SH MH MM mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi invoasi Direksi terkait pembangunan gedung pusat baru BPR Arto Moro.

“Alhamdulillah. Saya sangat appreciate dengan invoasi Direksi ini. Semoga BPR Arto Moro terus berkembang dan bermanfaat bagi nasabah dan masyarakat,” ucap Subyakto. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS