Polda Jateng Kerahkan 4.515 Personel Gabungan Polri dan TNI Amankan Piala Dunia U-17 di Solo

SetyoNt - Rabu, 08 November 2023 14:39 WIB
Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. Satake Bayu Setianto menyatakan, Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 tilang 18.076 Pelanggar (Jatengaja.com/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com – Polda Jawa Tengah mengerahkan sebanyak 4.515 personel gabungan Polri dan TNI untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo.

Ajang Piala Dunia U-17 djadwalkan akan digelar di Stadion Manahan Solo mulai tanggal 10 November hingga final pada tanggal 2 Desember 2023. Ada sebanyak 14 pertandingan akan digelar.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto menjelaskan 4.515 personel yang disiagakan terdiri atas 963 personel pengamanan dari Satuan Kerja Mapolda Jateng, 3.141 personel dari polres jajaran, dan 500 personel prajurit TNI.

Selain itu juga diterjunkan sejumlah unit taktis diterjunkan untuk pengamanan ajang Piala Dunia U-17 yakni Unit K-9 dari Tim Polsatwa, Jibom dan Jihandak dari Gegana, PHH dan Anti Drone dari Satbrimob, serta Tim Cyber dari Satgas Gakkum.

“Untuk pengamanan Piala Dunia U-17, Polri menggelar Operasi Terpusat bertajuk Operasi Aman Bacuya 2023,” katanya, Selasa (7/11/2023).

Pelaksanaan Operasi Aman Bacuya 2023, lanjut Kabid Humas Polda Jateng fokus pada pengamanan seluruh peserta termasuk rangkaian pertandingan yang digelar di stadion Manahan Solo.

Pengamanan mentargetkan seluruh rangkaian kegiatan mulai pengamanan jalur dan rute yang dilalui, tempat pertandingan yaitu Stadion Manahan Solo, enam stadion tempat latihan, serta dua tempat penginapan.

Satake Bayu Setianto yang juga Kasatgas Humas dalam Operasi Aman Bacuya 2023 Tingkat Polda Jateng menyatakan, di lokasi pertandingan, pengamanan dilakukan menggunakan tiga zona pengamanan.

Zona 1, di dalam stadion mengedepankan fungsi dan peran dari steward yang dikendalikan FIFA, sedangkan personel Polri atas permintaan dari safety dan security officer.

Pengamanan di zona 2 di sekitar kawasan stadion dan zona 3 di luar kawasan stadion menjadi tanggung jawab Polri yang diback up oleh petugas lain yang terkait.

“Pengendalian kegiatan pengamanan akan dilakukan melalui 2 Posko Taktis di Ruang RTMC Polresta Surakarta dan di Stadion Manahan. Selain itu juga disiapkan Posko Utama di Ruang MCC Biro Operasi Mapolda Jateng,” ujarnya.

Polda Jateng juga menyiagakan ratusan CCTV di seluruh penjuru Kota Solo dan terintegrasi di Posko Taktis RTMC di Mako Polresta Surakarta.

"Sedangkan di dalam lingkungan Stadion Manahan sendiri telah disiapkan 87 CCTV yang memantau situasi selama 24 jam,” kata Kabid Humas.

Kombes Satake Bayu menghimbau kepada warga masyarakat untuk ikut berperan serta memelihara kondusifitas kamtibmas selama gelaran Piala Dunia U-17 di Kota Solo.

“Selama kegiatan Piala Dunia U-17 mari bersama kita jaga agar seluruh wilayah di Solo dan sekitarnya dalam keadaan aman tidak terjadi gangguan apapun,” harapnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS