Kampanyekan Anti Hate Speech di Medos, Indosat Gandeng Narasi Gelar Festival Film Pendek SOS 2023

SetyoNt - Rabu, 08 November 2023 13:28 WIB
Kampanyekan Anti Hate Speech di Medos, Indosat Gandeng Narasi Gelar Festival Film Pendek SOS 2023 (Jatengaja.com/istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Indosat Ooredoo Hutchison menggandeng Narasi mengkampanyekan anti hate speech atau ujaran kebencian di media sosial dengan menggelar ajang Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang menyatakan tujuan Festival Film Pendek SOS untuk mengkampanyekan anti hate speech atau ujaran kebencian di media sosial.

“Media sosial, harusnya jadi tempat yang nyaman untuk kita, bukan tempat menebar kebencian. Melalui kampanye ini, Indosat mengajak generasi muda untuk bijak berkreasi tanpa batas,” katanya dalam rilis, Senin (6/11/2023).

Mengusung tema ‘Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi’ lanjut Steve, Festival Film Pendek SOS dibagi dalam dua kategori yakni untuk mahasiswa dan umum.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 26 Oktober 2023 hingga pengumuman pemenang pada bulan Februari 2024.

Lebih lanjut, Steve menyatakan, melalui Festival Film Pendek SOS 2023 mengajak generasi muda untuk bijak berkreasi tanpa batas.

“Ujaran kebencian dapat menjadi awal terjadinya polarisasi. Hal ini menjadi pendorong kami untuk berkontribusi menyampaikan narasi positif di dunia digital melalui pendekatan kreatif,” katanya.

Dia beharap kampanye program Festival Film Pendek SOS dapat menginspirasi berbagai pihak untuk bergotong royong menciptakan media sosial sebagai tempat yang nyaman dan aman untuk berekspresi.

“Dengan dukungan teknologi dan digitalisasi, kita dapat mengubah dunia serta membangun masyarakat yang lebih inklusif dan peduli dengan sesama,” tandasnya.

Perwakilan Narasi, Ginar Panigoro memberikan apresiasi kepada Indosat Ooredoo Hutchison yang menggelar Festival Film Pendek SOS 2023 untuk mencegah hate speech di media sosial.

“Dari hasil penelitian saat ini, 70 persen masyarakat mendapatkan berbagai info dari media sosial. Sehingga ajang sangat tepat untuk mencegah ujaran kebencian,” katanya.

Lewat film-film pendek ini, imbuh Ginar berharap dapat memberikan suara dan gagasan yang dibutuhkan tentang kesetaraan, toleransi, dan perdamaian.

Program Festival Film Pendek SOS yang telah sukses terselenggara sejak 2021 ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Indosat di pilar Pendidikan Digital.

Rangkaian kegiatan Festival Film Pendek SOS diisi dengan roadshow ke berbagai kampus, yakni Medan, Jember, Pontianak, dan Makassar.

Serta melakukan sosialisasi di enam kota lainnya, yaitu Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Mataram. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS