Peringati HPN 2024, Wartawan Semarang Gelar Khataman Alquran

SetyoNt - Sabtu, 10 Februari 2024 17:44 WIB
Peringati HPN 2024, Wartawan Semarang Gelar Khataman Alquran. (Jatengaja.com/istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, kalangan wartawan di Semarang Jawa Tengah mengadakan khataman Aquran atau Khotmil Quran.

Khotmil Quran diikut sejumlah wartawan yang tergabung dalam Majelis Tadarus Quran Ashabul Kahfi PWI Jawa Tengah (Jateng) dilaksanakan di Gedung Pers, Semarang, Kamis malam 8 Februari 2022.

Kegiatan sebagai rangkaian HPN 2024 tingkat Jateng, juga dihadiri pengurus PWI dan ibu-ibu anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jateng.

Khataman Alquran dipimpin Muhammad Chamim Rifai, doa khotmil Quran oleh H. Aris Syaefudin Zuhri, dilanjutkan mujahadah dipimpin H. Agus Fathuddin Yusuf.

Koordinator Majelis Tadarus Quran Ashabul Kahfi PWI Jateng, Setiawan Hendra Kelana menyatakan Khotmil Quran dengan membaca 22 surat paling akhir dalam Alquran secara urut.

“Dimulai dari surat Ad Duha, Al Insyirah, At Tin, Al Alaq, Al Qadr, sampai terakhir surat An Nas,” katanya.

Setiawan Hendra Kelana yang juga Sekretaris PWI Jateng menjelaskan khataman Alquran ini adalah putaran ke-102 sejak terbentuknya. Majelis Tadarus Qur’an Ashabul Kahfi pada 17 Juli 2020.

Di awal terbentuknya, target 15 hari khatam pada putaran pertama, ternyata terlampaui lebih cepat. Pada Sabtu 25 Juli 2020, grup tadarus ini sudah merampungkan 30 juz dan dikhatamkan secara virtual.

Pada putaran kedua khatam pada Jumat 7 Agustus 2020, dilakukan secara langsung di Gedung Pers dan dihadiri langsung Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Dr KH Ahmad Darodji.

“Rata-rata dalam 10-15 hari majelis bisa merampungkan khatam 30 juz. Saat Ramadan bisa sepekan sekali sehingga dalam sebulan khatam 30 juz sebanyak empat kali,” ujarnya.

Sementara, Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS yang hadir dalam khataman Alquran menyampaikan pesan untuk menjaga dan mempertahankan kekompakan, persahabatan, dan persaudaraan.

“Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada majelis Ashabul Kahfi yang pada tahun keempat tetap bisa merawat kegiatan membaca Alquran,” ujarnya.

Amir menjelaskan, kegiatan HPN tahun ini dilaksanakan dengan sederhana karena bertepatan dengan tahun politik, serta berharap ke depan bisa semarak.

Lebih lanjut Amir yang sudah memimpin selama dua tahun menyatakan, menghargai kekompakan dan ikatan yang terjalin antara pengurus PWI Jateng selama ini.

“Saya rasa kekompakan ini harus berlanjut pada kepengurusan berikutnya, yang tentunya diisi dengan wajah-wajah muda yang lebih segar. Saya ingin kondisi yang guyub, peduli, baik itu pengurus maupun IKWI-nya bisa terus dijaga dan dirawat,” harapnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS