Pembangunan Fly Over Mraggen Akibatkan Macet, Berikut Jalur Alternatif

Sulistya - Senin, 25 Juli 2022 08:08 WIB
Pembangunan jembatan layang atau fly over Ganefo di Kecamatan Mranggen, Demak, difokuskan memasang glagar box baja atau steel box girder. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Demak, Jatengaja.com - Kabid Wilayah Timur DPU Bina Marga Cipta Karya, Agus Apriyanto mengatakan, pembangunan fly over (FO) Ganefo bertujuan mengurai kemacetan akibat adanya perlintasan kereta api.

Jalur ganda kereta api Semarang-Surabaya terbilang padat, sementara ruas Ganefo (Semarang-Purwodadi) juga banyak dimanfaatkan warga.

Berdasarkan kesepakatan dengan PT KAI, pemasangan glagar boks dilakukan pada malam hari mulai pukul 22.00 hingga rampung pada sekitar pukul 03.00. Adapun pengerjaan dilaksanakan pada tanggal 20-22 Juli dan 25-27 Juli 2022. Oleh karenanya pada waktu tersebut, dilakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan.

Kabid Wilayah Timur DPU Bina Marga Cipta Karya, Agus Apriyanto

Karena menimbulkan kemacetan, ada beberapa jalur alternatif dari arah Semarang untuk kendaraan besar dan bermuatan. Yaitu melalui dari Jl Raya Waru menuju Jl Raya Ngaluran tembus ke Jl Raya Candi Sari kemudian ke Jl Raya Mranggen.

Adapun untuk kendaraan kecil dan mobil bisa melewati Jl Brumbung, kemudian ke Jl Kembangan tembus ke Jl Taman Sari.

Sementara dari arah Grobogan, kendaraan besar dan bermuatan bisa memanfaatkan Jl Wonosekar, menuju Jl Karangasem dan tembus ke Jl Raya Kangkung. Untuk kendaraan roda dua dan mobil bisa melewati Jl Wonosekar menuju Jl Kali Tengah kemudian ke Jl Raya Kangkung menuju Semarang.

Pembangunan FO Ganefo mendapat atensi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Pada medio tahun ini, Ganjar secara khusus mengecek jalur tersebut. Selain meminta untuk menjaga kualitas, Ganjar juga meminta agar pembangunannya memperhatikan lingkungan.

“Bagi masyarakat yang tiap hari melintas jalur ini, tolong sabar. Kita butuh bantuan masyarakat untuk tertib lalulintas, mau antre dan ikuti aturan polisi agar tidak terjadi kemacetan. Mari kita menjaga bareng-bareng, kami akan berusaha kerjakan secepatnya,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS