Fly Over Ganefo Belum Jadi, Disiapkan Rekayasa Lalu Lintas

Sulistya - Senin, 18 April 2022 13:34 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama ajaran memeriksa pembangujnan fly over Ganefo, Mranggen, Demak, Senin (18/4/2022). (Jatengaja.com/dok)

Demak, Jatengaja.com – Kondisi jalan di depan Pasar Mranggen, Kabupaten Demak, arus lalu lintas kerap tersendat akibat aktivitas pasar serta banyaknya kendaraan melintas. Selain itu, kemacetan kerap terjadi akibat adanya pasar tumpah yang memadati sepanjang jalan.

Kemacetan juga kerap terjadi di persimpangan kereta api tak jauh dari yang kini sedang dibangun Fly Over Ganefo. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan pantauan jalur mudik di dua titik tersebut, Senin (18/4/2022).

Gubernur didampingi Kepala Dinas PU, Bina Marga, dan Cipta Karya Jateng, Hanung Triyanto dan Kepala Dinas Perhubungan, Henggar Budi Anggoro.

“Potensi kemacetan yang cukup tinggi pertama karena keputusan mudik pasti, mesti kita ikuti dengan persiapan daerah, terutama mengatur lalu lintasnya. Ini dengan dishub kita sudah mulai ngecek di jalan Semarang Demak,” kata gubernur.

Proyek Fly Over Ganefo belum bisa selesai pada Lebaran 2022 karena masih ada satu bagian yang belum terpasang.

“Ini tinggal satu aja pemasangan bentangan baja yang melintasi kereta dan ini cukup panjang, rasa-rasanya tidak mungkin kita bereskan sebelum Lebaran. Sehingga mungkin akan dipasang setelah Lebaran agar lebih lancar,” ujarnya.

Proyek Fly Over Ganefo diperkirakan selesai pada Agustus mendatang, dengan harapan bersamaan dengan HUT Jateng dan RI.

Dikatakan, jelang Lebaran 2022, pihaknya mulai menyiapkan jalur-jalur alternatif dan rekayasa lalu lintas. Ganjar meminta Dishub Jateng segera mengujicoba jalur alternatif yang ada.

Jelang libur Lebaran, kita mesti buat rekayasa lalu lintas, maka tadi juga dibuatkan jalur alternatif. Tinggal diujicobakan, biar kemudian kita bisa kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Demak termasuk kepolisian,” ujarnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS