Mal Pelayanan Publik Kota Semarang Dibuka Mei

Sulistya - Selasa, 01 Februari 2022 20:27 WIB
Mal Pelayanan Publik Kota Semarang di Kawasan Terminal Mangkang. (Jatengaja.com/dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, Widoyono menuturkan, pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) sudah mencapai 90 persen.

Rencananya, MPP yang berada di Kawasan Terminal Mangkang itu akan dibuka pada Mei mendatang.

Menurut Widoyono, pihaknya tengah mempersiapkan infrastruktur dan administrasi. Contohnya listrik, air, software, wifi, telepon, dan fasilitas penunjang lainnya.

“Pada 2022 ini, Pemerintah Kota Semarang menganggarkan Rp 2 miliar untuk penyempurnaan Mal Pelayanan Publik, antara lain untuk pengadaan lift, ekskaalator, dan penyelesaian akhir lainnya,” tutur Widoyono dalam siaran persnya.

Dijelaskan, akan ada 30 pelayanan di MPP tersebut. Sebanyak 16 pelayanan dari Pemerintah Kota Semarang, adapun 14 lainnya dari pihak lain, seperti Polrestabes Semarang, samsat, pertanahan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, perbangkan, dan sebagainya.

Adapun Kepala Terminal Mangkang, Reno Adi Pribadi menambahkan, pemakaian fasilitas terminal tersebut dijalankan dengan sistem pinjam pakai, bukan menggunakan sistem sewa.

Sistem pinjam pakai untuk Mal Pelayanan Publik ini sebagai terobosan agar terminal milik Kementerian Perhubungan tersebut bisa ramai.

"Konsepnya mal pelayanan di terminal. Saat ini, terminal sudah dibuat lebih nyaman dan aman dari segi fasilitas maupun infastruktur, bukan hanya untuk pelayanan transportasi, tapi bisa mencakup semuanya," tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS