Kenalkan Genre Musik Keroncong lewat Solo Keroncong Festival

Sulistya - Rabu, 27 Juli 2022 12:23 WIB
Solo Keroncong Festival 2022 sukses digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, selama dua hari, MInggu-Senin (24-25/7/2022).

Solo, Jatengaja.com - Solo Keroncong Festival 2022 sukses digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, selama dua hari, MInggu-Senin (24-25/7/2022).

Festival yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta itu mengusung tema keroncong fusion dengan tagline “Witing Keroncong Jalaran Saka Kulina”.

Festival Keroncong bertujuan memperkenalkan genre musik keroncong ke generasi muda. Selain itu, sebagai sarana menjalin silaturahmi dalam mengisi kreativitas tanpa batas dan mempromosikan budaya keroncong yang sudah berlangsung sejak tahun 1940-an.

Solo Keroncong Festival menjadi wadah bagi para penggiat musik keroncong. Sebagai salah satu kota di mana musik keroncong berkembang, Solo kembali bernostalgia dengan membawa keunikan musik keroncong.

Menariknya, gelaran tahun ini tidak hanya menampilkan genre musik keroncong, tetapi juga memadukan musik keroncong dengan genre lainnya. Di antaranya ada pop, campursari dan jazz.

Solo Keroncong Festival 2022 sukses digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, selama dua hari, MInggu-Senin (24-25/7/2022).

Adapun pergelaran Solo Keroncong Festival juga dihadiri seniman musik nasional. Selain itu para pengunjung yang datang juga disuguhkan dengan berbagai kuliner yang beraneka ragam yang ada di dekat lokasi.

Tiket Gratis

Solo Keroncong Festival 2022 menarik banyak kalangan untuk datang menyaksikan. Selain kerinduan akan hiburan, festival itu tidak menarik tiket masuk, alias gratis.

Adapun yang tak bias daang, juga bias menyaksikan pertunjukan secara live dengan dukungan Internet IndiHome di Youtube Disbudpar Surakarta, Pariwisata Solo, Budaya Saya, KompasTV, dan Gibran TV. Sehingga, para penonton di luar kota Solo tetap dapat menikmati streaming secara lancar dan tetap terhibur.

Berbagai penampilan dari maestro keroncong asal Solo, Waldjinah, yang tampil bersama Singgih Sanjaya Light Keroncong Orchestra. Berikutnya ada Dewi Gita, Kukuh Prasetya Kudamai, Voca Erudhita, Robertus Grassianus dan Abah Lala, seniman asal Boyolali juga turut memeriahkan panggung Solo Keroncong Festival 2022 di Solo.

Kemudian penampilan spesial dari beberapa grup keroncong dari Indonesia maupun Internasional. Di antaranya Voca Erudita (UNS Solo), Svarama (Semarang), Keroncong Bayu SG (Singapura), UP Rondhalla (Filiphina), Senandung Budaya (Brunei Darussalam), dan OK.

Lalu Candra Kirana (Bali), OK Buana Lestari (Sawahlunto), Komunitas Keroncong Muda Surakarta, Wonderful Solo Carnival 2022, OK Alunan Semut Ireng (Pura Mangkunegaran) dan OK Young Javaro Jagad Keroncong Nusantara Surakarta.

Siti, salah seorang pengunjung asa Sukoharjo mengaku senang menyaksikan festival keroncong. Itu karena festival seperti ini sudah lama tak diadakan akibat pandemi yang melanda.

“Benar-benar acara yang luar biasa, penampilan artisnya ok, kemasannya juga menarik. Semoga tahun depan bisa diadakan kembali,” tuturnya yang datang bersama keluarga. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS