Ganjar Pranowo Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK

SetyoNt - Kamis, 21 Juli 2022 11:19 WIB
Ganjar Pranowo (dua dari kiri) Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Jakarta, Jatengaja.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ha ini setelah KLHK menetapkan Jawa Tengah (Jateng) sebagai peringkat pertama untuk kategori pemerintah provinsi, disusul peringkat kedua Jawa Barat dan ketiga Jawa Timur.

Penyerahan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dilakukan oleh Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu 20 Juli 2022.

Menanggapi penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyatakan penghargaan itu dipersembahkan untuk mereka pelaku atau aktivis yang bergerak menyelamatkan lingkungan.

“Saya mewakili mereka untuk menerima saja. Terima kasih untuk masyarakat, OPD, dan DPRD yang membantu,” ujarnya.

Ganjar menambahkan, ada tanggung jawab moral sebagai penerima penghargaan terbaik yakni agar lebih banyak melakukan peningkatan kualitas dalam rangka merawat lingkungan.

“Menurut saya pesan moral paling penting sebagai penerima penghargaan terbaik menurut saya bukan bangga atau senang, tapi justru kita harus terus melakukan peningkatan kualitas dalam rangka merawat lingkungan kita,” katanya.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto, mengatakan penghargaan Nirwasita Tantra 2021 diberikan kepada pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi, termasuk legislatif.

Menurut Bambang, leadership menjadi kunci untuk penyelamatan lingkungan hidup, sebab 90% ditentukan oleh ketokohan dari sisi kebijakan dan implementasinya.

“Kalau di daerah indikatornya indeks kualitas lingkungan hidup, ada empat instrumen yang diukur. Instrumen kebijakan dan implementasinya,” katanya.

Selain Pemerintah Provinsi Jateng, sejumlah kabupaten/kota di Jateng juga mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra 2021 antara lain Kabupaten Sukoharjo untuk kategori kabupaten sedang, Kabupatèn Banyumas untuk kategori kabupaten besar.

Untuk kategori kota kecil ada Pemkot Magelang. Selain itu DPRD Jateng juga menyabet peringkat pertama untuk kategori DPRD Provinsi.

Selain Nirwasita Tantra 2021, KLHK juga memberikan penghargaan Kalpataru 2022. Penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 pahlawan lingkungan di seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam kategori perintis, pengabdi, penyelamat, dan pembina. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS