JICA Jajaki Kerja Sama Bidang Kesehatan Sampai Kebencanaan dengan Pemprov Jateng

SetyoNt - Rabu, 27 Juli 2022 09:52 WIB
JICA Jajaki Kerja Sama Bidang Kesehatan Sampai Kebencanaan dengan Pemprov Jateng (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Japan International Coorporation Agency (JICA) menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dalam bidang kesehatan, pendidikan, hingga kebencanaan.

Untuk membahas kerja sama tersebut Kepala Perwakilan Kantor Indonesia JICA, Yasui Takehiro, melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di kantor Gubernur di Semarang, Selasa (26/7).

Yasui Takehiro yang baru menggantikan pejabta sebelumnya Sinichi Yamanaka menyatakan bertemu langsung dengan Gubernur Ganjar Pranowo untuk membahas kerjasama yang akan dilakasanakan.

“Kami banyak proyek yang selama ini sudah dilaksanakan bekerjasama dengan Jateng. Ke depan berjanji akan tetap terus berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya usia pertemuan.

Sementara, Gubernur Jateng, Ganjar menyebut, pertemuannya dengan Yasui membahas beberapa kerjasama yang telah dilakukan.

"Kita coba kerja sama beberapa hal yang jadi isu penting, dan beberapa pekerjaan yang pernah dilakukan di Jawa Tengah seperti railway untuk double track di wilayah selatan, kemudian penanggulangan banjir di Semarang,” jelasnya.

Ke depan, imbuh Ganjar akan ada banyak kerja sama yang dilaksanakan dengan JICA serta menawarkan kerjasama di berbagai bidang lainnya, seperti bidang kesehatan, pendidikan, dan kebencanaan.

Dalam pertemuan itu juga mencoba merinci dan mengeksplor bidang-bidang yang bisa dijajaki untuk kerja sama, seperti persoalan penanggulangan sampah.

Tak hanya itu, dalam pertemua Ganjar dan Yasui juga membahas persiapan transformasi energi baru terbarukan yang akan menjadi persoalan dunia di masa mendatang. “Mudah-mudahan nanti dengan JICA bisa kerja sama lebih banyak lagi,” harap Gubernur Jateng. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS