Jateng Tuan Rumah Kejurnas Atletik 2022

Sulistya - Rabu, 20 Juli 2022 08:08 WIB
Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung bersama jajaran bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (dok/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kejuaraan Nasional Atletik akhirnya kembali digelar, setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Provinsi Jawa Tengah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Atletik 2022, yang akan berlangsung 6-11 Agustus, di Stadion Tri Lomba Juang, Kota Semarang.

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Tigor Tanjung, mengatakan, Jateng merupakan gudang atlet nasional. Salah satunya, Suryo Agung Wibowo, yang pernah menjuarai Seagames dan catatan waktu terbaiknya 10,7 detik di nomor lari 100 meter.

Jawa Tengah termasuk provinsi yang sangat aktif dalam pembinaan atletik, jadi kami beralasan sekali untuk memilih semarang sebagai tempat kejuaraan nasional ini,” kata Tigor usai bertemu Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di rumah dinas gubernur, Selasa (19/7).

Dikatakan Tigor, Jateng menjadi tuan rumah setelah selama 40 tahun lebih penyelenggaraan digelar di Jakarta. Tigor yakin penyelenggaraan Kejurnas Atletik 2022 akan sukses. Kejurnas Atletik akan dilangsungkan bulan depan mulai 6-11 Agustus di Stadion Tri Lomba Juang, Kota Semarang.

Kejurnas Atletik akan mempertandingkan tiga kategori, yaitu U-18, U-20, dan senior. Sebanyak 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia akan ikut serta dalam kejuaraan ini dan bertanding pada 124 nomor.

Pameran UMKM

“Ini menarik karena hampir dua tahun tidak dilaksanakan kejurnas dan saya terima kasih sama PASI karena setelah sekian puluh tahun penyelenggaraannya selalu di Jakarta, dan hari ini keluar, kemudian Semarang dipilih,” ujar Gubernur, Ganjar Pranowo.

Dengan event olahraga yang terus bersambung diselenggarakan, akan meningkatkan spirit anak terhadap olahraga dan berprestasi.

“Jadi kalau kemarin teman-teman dari SoINA membuat acara, hari ini Popda (selesai), besok PASI membuat kejurnas ini menurut saya ini olahraganya bangkit,” kata Ganjar.

Nantinya panitia Kejurnas Atletik 2022 juga akan menggelar pameran UMKM. Ganjar mendukung penuh dan yakin ekonomi makin menggeliat.

“Mudah-mudahan semua akan terinspirasi sehingga event ini akan kembali mengingatkan atau membangunkan tidur dari mereka yang kemarin tidak bisa bertanding hari ini akan semangat kembali bertanding. Nanti kita nonton,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS