Jateng Siapkan 118 Bus untuk Mudik Lebaran Gratis

Sulistya - Jumat, 15 April 2022 11:57 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyiapkan Program Mudik Gratis Jawa Tengah. (Jatengaja.com/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Jawa Tengah menyiapkan 118 bus untuk mudik Lebaran gratis tahun 2022. Pelaksanaannya akan digelar pada Kamis, 28 April 2022 atau H-5 Lebaran.

"Sudah dirapatkan yang di Jakarta. Tugas saya nanti menyiapkan agar kita bisa mendapatkan yang lebih baik. Mungkin memang tidak sebanyak tahun lalu. Tadi rapat terakhir ada 118 bus," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai acara di Masjid Agung Jawa Tengah, Kamis (14/4).

Bus merupakan sumbangan dari Bank Jateng dan sejumlah kabupaten kota di Jateng. Peluang bagi pemudik di luar Pulau Jawa juga sedang dibahas.

"Ada usulan dari Palembang, Bandung, Medan juga ingin pulang. Maka nanti akan kita carikan cara yang lain untuk bisa membawa mereka. Apakah sponsorship dari perusahaan atau yang lain," katanya.

Ganjar mengatakan, mudik Lebaran gratis tahun ini dibuka dengan kuota terbatas karena sebelumnya belum direncanakan. Selain itu, Ganjar menyebut Pemprov juga berupaya agar bisa memberikan akomodasi untuk pemudik yang ingin kembali ke perantauan.

"Begitu keputusan Presiden boleh mudik maka kita sekarang agak serius. Ini akan ada rapat maraton, memang idealnya nanti juga bisa kembalinya juga," katanya.

Pendaftaran dibuka secara online mulai 13 April 2022. Peserta bisa mendaftar dengan cara mengakses dan mengisi link https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022 atau menghubungi nomor 021-7395238. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS