Begini Cara Daftar Mudik Gratis ke Jateng

Sulistya - Jumat, 15 April 2022 10:36 WIB
Program Mudik Gratis Jawa Tengah (Jatengaja.com/dok)

Semarang, Jatengaja.com - Para perantau asal Jawa Tengah yang bekerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), bisa menikmati mudik Lebaran gratis ke berbagai wilayah Jawa Tengah.

Kabar gembira tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui akun media sosial instagramnya. Dalam postingannya, gubernur menjelaskan, mudik Lebaran gratis akan digelar pada Kamis, 28 April 2022.

"Halo warga Jateng yang berada di Jabodetabek, ada kabar bahagia nih. Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir kembali. Mudik lebaran gratis bantuan Gubernur Jawa Tengah, Bupati/Wali Kota se Jateng dan Bank Jateng tahun 2022," tulis Ganjar dalam postingannya.

Mudik gratis akan diadakan serentak pada Kamis, 28 April 2022. Lokasi keberangkatan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur.

"Syarat mengikuti mudik adalah ber KTP Jawa Tengah dan sudah vaksin booster. Adapun kriteria pekerjaan yang boleh ikut serta adalah Asisten Rumah Tangga (ART), pengemudi online, buruh bangunan, pedagang kecil/asongan," ujarnya.

Pendaftaran dibuka secara online mulai tanggal 13 April 2022. Peserta bisa mendaftar dengan cara mengakses dan mengisi link: https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022.

"Ayo segera daftar, karena kuota terbatas. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomor 021-7395238," ujarnya.

Program mudik gratis disambut antusias oleh warga Jateng di Jabodetabek.

"Antusias warga Jateng di sini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, sudah dua tahun warga tidak pulang kampung. Terima kasih pada Pak Ganjar, karena sangat peduli pada masyarakat Jawa dimanapun berada," kata Ketua Paguyuban Jawa Tengah, Leles Sudarmanto.

Sebelum pandemi, mudik gratis jadi program tahunan Ganjar Pranowo untuk warganya di perantauan yang hendak pulang kampung di masa Lebaran. Pada tahun 2019 misalnya, Ganjar yang menggandeng pemkab/pemkot melepas sekitar 20 ribu pemudik dari Jabodetabek. Ada tiga modal transportasi yang digunakan, bus, kapal, dan kereta api. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS