Dukung Atlet SOIna, Ganjar Lelang Sepeda Kesayangan Laku Rp1,1 Miliar

SetyoNt - Kamis, 26 Januari 2023 10:23 WIB
Dukung Atlet SOIna, Ganjar (dua dari kanan) Lelang Sepeda Kesayangan Laku Rp1,1 Miliar (Jatengaja.com/dok.Humas Pemprov Jateng)

Jakarta, Jatengaja.com - Sepeda kesayangan, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terjual Rp1,1 miliar pada lelang untuk mendukung atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) berlaga di Special Olympics World Summer Games di Berlin, Jerman.

Ganjar melepas sepeda lipat jenis e-bike berwarna oranye dalam acara malam charity dan gala dinner Special Olympics di Museum Indonesia, kawasan Monas Jakarta, Rabu (25/1/2023) malam.

Barang-barang milik Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki, Menpora RI Zainudin Amali, Menpan RB RI Azwar Anas juga ikut dilelang dalam acara itu.

Menurut Ganjar sepeda miliknya yang dilelang spesial, karena tidak ada duanya dibuatkan sendiri oleh pihak pabrik

“Pabriknya datang ke saya karena saya suka sepeda dan, dan ditawari ini. Di pabrik yang buat nggak bakal ada. Ini saya pesan khusus dan ada nama saya diukir di sepeda,” jelasnya.

Ganjar yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna menyebut, sepedanya sangat spesial karena sering digunakan selama berkegiatan olahraga pagi, sambil menyapa masyarakat.

“Karena untuk anak-anak kita yang hebat ini, maka saya cari sepeda yang paling bagus. Saya agak sedih sebenarnya, makanya kalau nyumbangnya sedikit saya lebih sedih lagi,” canda Gubernur Jateng.

Sepeda itu dibuka lelangnya dengan harga Rp500 juta. Tak disangka, sepeda Ganjar itu dibeli seharga Rp1,1 miliar. Dari hasil lelang, termasuk lukisan dari para difabel, terkumpul dana sebesar Rp4,2 miliar.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, sempat melihat perjuangan atlet SOIna di Dubai sangat terharu karena hebat anak-anak Indonesia itu berjuang demi mengibarkan Bendera Merah Putih.

“Saya diminta mengalungkan medalinya. Itu luar biasa. Anak-anak kita yang spesial punya semangat yang harus kita dukung penuh. Semoga di Berlin besok mereka tambah semangat untuk mengibarkan bendera merah putih di sana,” harapnya.

Sementara, Menpora Zainudin Amali mengatakan, selama ini belum banyak orang tahu tentang SOIna. Padahal, alet SOIna juga sangat berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa.

“Jangan dianggap remeh, mereka ini juga membanggakan bangsa Indonesia di luar sana. Tadi Pak Ganjar juga cerita, bagaimana saat atlet SOIna berjuang di Dubai. Sangat mengharukan,” jelasnya.

Menpora juga mengapresiasi Ganjar yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna. Menurutnya, Ganjar memberikan perhatian yang sangat luar biasa pada atlet-atlet SOIna.

“Kemarin saat Pesonas di Semarang juga luar biasa, di-support penuh. Semoga nanti saya diajak pak Ganjar ke Berlin, untuk memberikan semangat pada atlet-atlet kita ini,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS