Pemprov Jateng Gandeng Baznas Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem

Sulistya - Kamis, 19 Januari 2023 20:57 WIB
Rapat Koordinasi Daerah Pimpinan Baznas Kabupaten/Kota pada 2023 di Kabupaten Semarang, Kamis (19/01/2023).

Semarang, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang terus membantu Pemprov Jawa Tengah mengkoordinir zakat Aparatur Sipil Negara (ASN). Baznas Jateng juga aktif berkontribusi dalam hal penanganan kemiskinan ekstrem.

“Kami berdiskusi dengan Baznas Jateng agar pentasarufannya sekarang bisa kami arahkan pada hal yang sifatnya produktif,” kata gubernur saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Pimpinan Baznas Kabupaten/Kota pada 2023 di Kabupaten Semarang, Kamis (19/01/2023).

Gubernur mendukung ide yang disampaikan Ketua Baznas Jateng. Cara itu dinilai cemerlang dan akan berdampak langsung pada penerima manfaat yaitu masyarakat. Keberhasilan di tingkat provinsi dalam pengelolaan zakat ASN, juga mesti diterapkan di kabupaten kota. Dia mendorong agar Payroll System ini diterapkan juga di daerah.

“Di kabupaten kota coba kita dorong. Karanganyar itu malah sudah ada praktik perusahaan dan hotel, nah ini coba kita geser ke sana sehingga nanti perusahaan pun juga karyawannya bisa difasilitasi membayar zakat oleh Baznas, kita siap kok untuk membantu sistemnya,” ujarnya.

Pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Baznas kemudian di-overlay dengan program-program penanggulangan kemiskinan dari Pemprov Jateng.

“Nah ide-ide pentasharufan yang lebih produktif tadi lah kemudian kami coba dorong untuk kami overlay ke penanggulangan kemiskinan. Nah, di situ lah Baznas memiliki peran yang sangat bagus,” ujarnya.

Gubernur mendorong kabupaten kota yang ada di Semarang Raya bisa memulai dan menjadi pilot project penerapan Payroll System. Di sisi lain, daerah yang sudah berjalan bisa jadi contoh dan sharing ilmu.

“Nah, nanti kami akan coba dorong ke sana sehingga jauh lebih optimal lagi dan perannya akan lebih besar lagi,” ujarnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS