Balai Bahasa Jateng Beri Penghargaan Prasidatama 2022, Ini Nama Penerimanya

SetyoNt - Minggu, 23 Oktober 2022 21:40 WIB
Balai Bahasa Jateng Beri Penghargaan Prasidatama 2022, Ini Nama Penerimanya. (Jatengaja.com/dok Balai Bahasa Jateng)

Banyumas, Jatengaja.com – Balai Bahasa Jawa Tengah memberikan penghargaan Presidatama 2022 kepada buku sastra serta lembaga yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Pemberian penghargaan Prasidatama 2022 digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Banyumas, Sabtu (22/10).

Penghargaan Prasidatama 2022 diberikan untuk buku sastra kategori novel antologi puisi, antologi cerpen, dan cerpen berbahasa jawa, serta serta sejumlah lembaga yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng), Dr. Ganjar Harimansyah, mengatakan Prasidatama diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti ‘menjadi lebih baik’.

“Penghargaan kebahasaan dan kesastraan Prasidatama telah berlangsung sejak 2013 untuk memacu penulis, lembaga, dan penerbit di Jateng agar menjadi lebih baik dalam menggunakan bahasa Indonesia dan menghasilkan karya-karya sastra yang bermutu,” ujarnya di sela penyerahan penghargaan Prasidatama.

Penghargaan Prasidatama, lanjut Ganjar merupakan komitmen Balai Bahasa Jateng sebagai instansi pemerintah yang ditugasi untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang kebahasaan dan kesastraan.

Menurunya penghargaan Prasidatama bukanlah ajang lomba atau sekadar memilih yang terbaik berdasarkan nilai-nilai angka.

“Ini merupakan perwujudan keinginan bersama untuk menghadirkan teladan dalam penggunaan dan pengutamaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara,” tandasnya.

Sementara, Ketua Panitia Penghargaan Prasidatama 2022, Ema Rahardian, M.Hum mengatakan untuk menentukan nominasi penghargaan Prasidatama Tahun 2022 kategori bahasa dan sastra telah melaksanakan rapat juri.

“Kami berharap upaya Balai Bahasa Jateng melalui penghargaan Prasidatama ini mampu membangkitkan semangat berkarya bagi sastrawan Jateng dan meningkatkan rasa bangga bagi lembaga dan masyarakat dalam pengutamaan bahasa Indonesia,” kata Pengkaji Bahasa di Balai Bahasa Jateng itu.

Berikut Penerima Penghargaan Prasidatama 2022 Balai Bahasa Jateng :

Kategori Sastra: Buku atau Manuskrip Drama Indonesia : Mijah dan Tarjo karya Idham Ardi Nurcahyo

Kategori Sastra: Antologi Cerpen: Umbira dan Keajaiban-keajaiban di Kotak Ajaibnya karya Yudhi Herwibowo, penerbit bukuKatta, Surakarta

Kategori Sastra: Antologi Cerpen Berbahasa Jawa : Prau Dluwang karya Indah Darmastuti, penerbit Difalitera.org Sastra Suara Bahasa Nusantara, Surakarta

Kategori Sastra: Antologi Puisi: Apokalipsa Kata (Kumpulan Puisi) karya Dedet Setiadi, penerbit TriBEE, Kabupaten Magelang

Kategori Sastra: Novel: Seperti Lidah Api yang Menjilati Bulan di Langit karya Y. Agusta Akhir, penerbit Lakeisha, Klaten.

Kategori Bahasa: Lembaga Pemerintah Lembaga Pemerintah Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik:

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak

Kategori Bahasa: SMA/SMK/MA Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik:

Penerima Penghargaan: MAN Salatiga

Kategori Bahasa: Hotel Pengguna Bahasa Indonesia Hotel Kesambi Hijau, Semarang. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS