Tradisi di Kudus Ini Menarik, Menawan Mantu

Sulistya - Kamis, 08 Juni 2023 09:21 WIB
Tradisi Menawan Mantu berupa Kenduri dan sedekah bumi Desa Menawan, Kudus. (dok/jatengprov.go.id)

Kudus, Jatengaja.com – Menawan Mantu merupakan sebuah tradisi dan kebudayaan yang terus diuri-uri dan dipertahankan di Wilayah Kudus, Jawa Tengah. Menawan Mantu meruapakan salah satu upaya memberikan penghormatan kepada leluhur.

Selain itu, kegiatan semacam ini juga dapat mempererat tali silaturahmi antarsesama, karena adanya guyub antarmasyarakat.

Menawan mantu ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt, yang telah memberi limpahan karunia dalam bentuk kekayaan sumber daya yang ada,” tutur Bupati Kudus, Hartopo dalam keterangan persnya saat menghadiri kenduri dan sedekah bumi Desa Menawan, Kudus.

Bupati mengapresiasi masyarakat Desa Menawan, yang sangat antusias dalam melestarikan kebudayaan nenek moyang, dengan menggelar kenduri dan sedekah bumi Menawan Mantu. Tradisi tersebut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia yang diberikan untuk Desa Menawan.

“Tradisi dan kebudayaan harus terus diuri-uri dan dipertahankan agar dapat diwariskan pada generasi mendatang, sebagai suatu identitas yang dimiliki,” katanya.

Bupati meminta Pemdes Menawan, untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki, dengan terus berinovasi demi kemajuan dan kesejahteraan Desa Menawan.

“Terus berinovasi untuk kesejahteraan bersama. Manfaatkan kekayaan sumber daya yang ada,” katanya.

Kepala Desa Menawan, Tri Lestari menuturkan, pihaknya akan terus berkomitmen menghijaukan Desa Menawan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Kami berkomitmen akan terus menjadikan Desa Menawan sebagai bumi hijau yang lestari, berkah, migunani, dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Dengan demikian, manfaat yang dihasilkan akan dirasakan untuk kesejahteraan bersama,” tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS