Telkom Witel Semarang Kenalkan Inovasi Smart City untuk Kabupaten Kendal

Sulistya - Kamis, 18 Juli 2024 18:24 WIB
PT Telekomunikasi Indonedia Tbk (Telkom) Witel Semarang mendukung penuh pelaksanaan sosialisasi Smart City dari Kominfo Kabupaten Kendal yang diadakan di di Hotel Tirto Arum Kendal, Rabu (26/06).

Semarang, Jatengaja.com - PT Telekomunikasi Indonedia Tbk (Telkom) Witel Semarang mendukung penuh pelaksanaan sosialisasi Smart City dari Kominfo Kabupaten Kendal yang diadakan di di Hotel Tirto Arum Kendal belum lama ini.

Hadir tiga narasumber Anggota DPRD Kendal, Dr Hj Widya Kandi Susanti MM, Bintang Yudha Daneswara SH MH, dan Nanik Susanti SM, serta Kepala Kantor Telkom Kendal, Myta Irwanti.

Myta menjelaskan, program smart city merupakan inovasi digital yang mengintegrasikan teknologi tata kota ramah lingkungan.

Smart City terus berusaha mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT untuk mewujudkan kabupaten Kendal menjadi daerah yang lebih baik dalam segala aspek khususnya pelayanan publik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemanan, kenyaman warga, dan pastinya peningkatan perekonomian Kabupaten Kendal.

Smart city itu sendiri juga sebagai gagasan yang saat ini yang banyak digadang-gadang akan mampu membantu Kabupaten Kendal menghadirkan tata kelola yang lebih baik,” Kata Myta.

Dengan adanya Smart City diharapkan pemerintah pusat maupun daerah Indonesia dapat memperoleh dukungan untuk mampu memanfaatkan sumber daya manusia, modal sosial, dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta kualitas hidup berstandar tinggi.

Implementasi

Telkom meyakini bahwa untuk implementasi smart city yang berkelanjutan, proses dan SDM memegang peranan besar terhadap keberhasilan dan efektivitas implementasi. Untuk itu, Telkom siap mendukung percepatan implementasi Smart City Kabupaten Kendal,” kata Myta.

Telkom mengenalkan beberapa inovasinya yang sangat sesuai dengan program smart city untuk Kabupaten Kendal. Inovasi bernama Antares Smart Water Meter merupakan solusi digital yang mendukung produktivitas, nilai jual dan efisiensi di sektor energi dan manufaktur.

Selain itu, dapat juga digunakan sebagai alat untuk membantu pencegahan banjir karena produk ini dapat membantu memantau ketinggian air di tempat-tempat terntentu dan mengirimkan signal peringatan ke pusat kontrol jika ketinggian air sudah mencapai titik tertentu.

Selain itu, Antares juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas dan produksi di bidang pertanian dan perternakan. Hal ini perlu disosialisasikan karena belum banyak diketahui terkait kegunaan dan manfaat untuk peningkatan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Kendal.

Sosialisasi Smart City kepada masyarakat Kabupaten Kendal ini diharapkan dapat menjadi langkah yang penting dalam transformasi digital. Hal ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat terkait pemahaman lebih lanjut di bidang teknologi digital.

Sehingga bisa diterapkan dalam keseharian dan dapat membantu produktivitas serta perekonomian. Secara agregat, hasil dari implementasi teknologi ICT ini secara simultan dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta perekonomian di Kabupaten Kendal.

Oleh karena itu dengan penerapan teknologi yang tepat dan kerjasama yang solid antara semua pihak, pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik, efisiensi operasional, dan kesejahteraan masyarakat melalui konsep Smart City. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS