Peran BPR untuk Pembiayaan UMKM Diperluas

Sulistya - Jumat, 12 Juli 2024 17:37 WIB
Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali Bank Arto Moro, Prof Dr H Subyakto SH MH MM dan anggota DPR RI terpilih Rinto Subekti, berfoto bersama di depan kantor Bank Arto Moro, Jl Elang Raya No 99, Semarang, Jumat (12/7).

Semarang, Jatengaja.com - Kebijakan pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 terus menunjukkan hasil yang membaik.

Sebagai salah satu sektor yang terdampak pandemi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pun perlahan telah berangsur pulih. Kondisi ini mempertebal optimisme bahwa ekonomi Indonesia, sesuai prediksi Bank Indonesia, pada triwulan II 2024 akan tumbuh lebih tinggi dari 5%.

Perluasan dukungan akses pembiayaan kepada UMKM menjadi salah satu concern yang saat ini terus dilakukan oleh perbankan, termasuk juga oleh industri BPR (Bank Perekonomian Rakyat). BPR dinilai sangat potensial dalam mengalirkan dana yang dibutuhkan UMKM untuk bangkit pascapandemi Covid-19.

Untuk itu, peran BPR yang telah ikut mendorong perekonomian rakyat melalui pembiayaan pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus terus ditingkatkan. BPR diharapkan terus meningkatkan manfaatnya kepada masyarakat demi terciptanya ekonomi kerakyatan sehingga ekonomi rakyat Indonesia akan menjadi semakin baik.

Potensi besar BPR dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut menjadi salah satu topik diskusi acara kunjungan Rinto Subekti, anggota DPR RI terpilih ke kantor pusat BPR Arto Moro di Jalan Elang Raya No 99, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, Jumat (12/7).

Rinto Subekti merupakan anggota DPR RI selama 2 periode, dan pada pemilu legislatif 2024, kembali terpilih sebagai anggota DPR RI. Hadir menyambut kunjungan Rinto Subekti Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali Bank Arto Moro, Prof Dr H Subyakto SH MH MM, Direktur Utama Bank Arto Moro, Darmawan SSos MM, beserta jajaran pejabat.

Rinto Subekti mengatakan, kunjungannya ke BPR Arto Moro selain sebagai kunjungan silaturahmi, juga dalam rangka penyerapan aspirasi untuk mendengar, melihat yang sesungguhnya terjadi, serta merasakan apa yang terjadi di masyarakat.

Hal tersebut adalah sesuai tanggung jawabnya nanti yang apabila masuk ke Komisi XI DPR RI maka tupoksinya adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja dan akuntabilitas mitra kerja meliputi diantaranya adalah perbankan dan BUMN.

‘’Tidak mudah mendirikan dan mengelola BPR. Saya sangat salut dengan performa dan pencapaian Bank Arto Moro. Total aset Bank Arto Moro sekarang sudah luar biasa, di atas 1 triliun. NPL juga dalam keadaan sehat. Saya mendoakan semoga Bank Arto Moro menjadi Bank kelas dunia, bukan lagi kelas Provinsi atau nasional,’’ kata Rinto.

Menurutnya, selain membahas isu-isu terkait perbankan, pendidikan dan olahraga, kunjungannya ke Bank Arto Moro juga adalah dalam rangka silaturahmi kepada senior dan gurunya, yaitu Prof Subyakto.

Anggota DPR RI terpilih yang juga merupakan ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah tersebut mengatakan bahwa Prof Subyakto memiliki sejarah dan peran yang sangat penting dalam perjalanan karirnya, baik sebagai politisi maupun sebagai pebisnis.

Rinto Subekti juga didapuk sebagai pembicara untuk memberikan motivasi kepada karyawan baru Bank Arto Moro Batch 1-2024 yang sedang mengikuti In House Training selama 2 minggu di kantor Bank Arto Moro.

Guna mencapai Renstra 2025-2029 yang sudah ditetapkan yaitu menjadi BPR beraset 12 T di tahun 2029, Bank Arto Moro memang serius melakukan konsolidasi dan penguatan di sektor sumber daya manusia.

Siapkan Karyawan

Dengan jumlah karyawan sudah mencapai 270 orang, BPR Arto Moro merancang program Arto Moro University untuk mendidik dan menyiapkan karyawannya, baik lama ataupun baru menjadi banker yang andal dan profesional.

Di hadapan sekitar 60 karyawan baru Bank Arto Moro yang sedang mengikuti program management trainee tersebut, Rinto Subekti mengatakan bahwa integritas dan loyalitas menjadi pondasi dasar bagi kesuksesan dalam semua bidang kehidupan, baik dalam dunia bisnis, politik maupun bidang lainnya.

‘’Selamat anda semua hadir di saat yang tepat dan berada di tempat yang tepat karena anda semua punya guru yang luar biasa yaitu Prof Subyakto. Buktikan kemampuan, integritas, dan loyalitas Anda. Saya yakin 3 bekal itu akan menjadikan anda orang yang besar dan sukses selamanya,’’ tutur Rinto.

Darmawan SSos MM, Direktur Utama Bank Arto Moro mengatakan, dalam memperkuat sinergitas demi percepatan terwujudkan ekonomi kerakyatan, segenap pihak dalam industri perbankan haruslah bersinergi, saling mendukung satu dengan yang lain.

DPR, sebagai pemilik fungsi pengawasan, juga harus melakuan perannya dengan optimal sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

‘’Kunjungan anggota dewan seperti ini sangat strategis dan penting untuk memastikan bahwa segenap stakeholder dalam perbankan melaksanakan tugas dan kewenangannya dengan baik. Dengan turun menyerap aspirasi langsung dan dengan adanya masukan langsung dari masyarakat maka akan dapat dilakukan pengawasan secara tepat berdasarkan kondisi riil yang terjadi di lapangan,’’ ujar Darmawan. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS