Subari Hibahkan 1.800 M2 Lahannya Untuk Embung, Diajang Ganjar Naik Podium Upacara Hari Pahlawan

SetyoNt - Kamis, 10 November 2022 14:39 WIB
Subari (kiri) Hibahkan 1.800 M2 Lahannya Untuk Embung Diajang Ganjar Naik Podium Upacara Hari Pahlawan (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Sikap petani asal Desa Kalibareng Kaupaten Kendal Jawa Tengah, Subari patut menjadi contoh pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022.

Subari menghibahkan lahan miliknya seluas 1.800 meter persegi untuk dijadikan embung untuk kepentingan masyarakat Desa Kalibareng.

Kisah ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Kamis (10/11).

“Subari bukan seorang juragan maupun tuan tanah, tapi petani biasa yang luar biasa. Menghibahkan lahan seluas 1.800 meter persegi untuk dijadikan embung. Beliau sangat berjasa tidak untuk warganya tapi juga Jateng,” katanya.

Gubernur Jateng pun mengundang Subari yang hadir dalam upacara Hari Pahlawan tersebut untuk naik ke podium.

“Pak, masyarakat pengin dengar kok Pak Subari ikhlas memberikan tanahnya jadi embung. Itu sudah izin juga sama istrinya dan diizinkan ya?” Tanya Ganjar.

Menurut Subari melihat petani lain di desanya kekurangan air, maka dengan lahanya dibuat embung supaya masyarakat Kalibareng juga bisa mendapatkan air.

“Kalau uang kan sekadar saya nikmati sendiri pak, tapi kalau embung dibuat kan masyarakat bisa sejahtera jadi bisa mbantu,” ujar Subari disambut tepuk tangan tamu undangan dan peserta upacara.

Ganjar mengatakan, sosok Subari adalah contoh pahlawan saat ini. Menjadi pahlawan sejati untuk wilayahnya.

“Dari Pak Subari kita bisa belajar, untuk jadi pahlawan tak perlu punya kekuatan super, tak perlu jabatan tinggi, atau kekayaan berlimpah. Cukup dengan keluasaan hati dan kesediaan untuk berkorban,” katanya.

Selain Subari, Ganjar juga menyebutkan tokoh lain seperti Mbah Sadiman dari Wonogiri, Ridwan Sururi dari lereng Gunung Slamet, dan Jafar Labib pemuda asal Pati. Serta yang terkenal dengan Rumah Sakit Apungnya, dr Lie Darmawan.

“Inilah semangat kepahlawanan yang luarbiasa. Saya haqqul yakin anak-anak muda bisa meneladani mereka dengan berbuat yang konkret,” tandasnya.

Sebagai informasi, Subari menghibahkan lahan seluas 1.800 meter persegi untuk dibangun embung di Desa Kalibareng, Kecamatan Patean, Kendal.

Pemprov Jawa Tengah kemudian memberi anggaran sebesar Rp3,5 miliar dan ditargetkan akhir tahun embung itu selesai. Sebagai apresiasi, embung tersebut nantinya dinamai Embung Subari. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS