Semarak, Atraksi Tari Nusantara 272 Pramuka Jateng di Cibubur

Sulistya - Senin, 15 Agustus 2022 09:12 WIB
Pramuka Kwarda Jateng menampilkan aksi gabungan atraksi gelar keterampilan pada pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8/2022). (dok/jatengprov.go.id)

Jakarta, Jatengaja.com – Sebanyak 272 Pramuka Kwarda Jateng menampilkan aksi gabungan atraksi gelar keterampilan pada pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8/2022).

Kontingen Kwarda Jateng sukses menampilkan atraksi tari Nusantara dan memukau para penonton. Mereka menjadi satu di antara penampil dalam pembukaan Jamnas.

Para peserta mengenakan kostum tari dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jakarta, Bali, Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Maluku. Peserta lainnya mengenakan pakaian Pramuka.

Pramuka Kwarda Jateng menampilkan aksi gabungan atraksi gelar keterampilan pada pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI di Lapangan Utama, Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/8/2022).

Sejumlah titik di lapangan terbagi untuk beberapa tim. Seperti dari kategori pionering berupa pembuatan menara kaki tiga dan kaki empat, jembatan penyeberangan, kapal, dragbar dan tenda. Lainnya, kategori ketangkasan berupa semaphore, kolone tongkat, dan parade umbul-umbul.

Berkali-kali aksi para peserta Jateng mampu menarik perhatian tamu undangan dan kontingen dari daerah lain, termasuk Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso, dan jajaran lain. Hadir pula, Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng Riena Retnaningrum, dan Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah Hernowo Budi Luhur.

Ketua Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Kwarda Jawa Tengah, Hernowo Budi Luhur mengungkapkan, seluruh tamu undangan yang hadir di pembukaan mengapresiasi penampilan atraksi Kwarda Jateng.

“Terima kasih luar biasa, 17 Kwarcab, kita kumpulkan 272 penggalang dengan nenghadirkan penampilan yang kompleks. Semua yang hadir ikut mengapresiasi Jateng,” ujarnya dalam keterangan pers.

Wakil Ketua Bidang Humas dan Informatika Kwartir Daerah Jateng, Riena Retnaningrum mengatakan, tampilan atraksi Jateng memang menarik. Hal itu tak lepas dari dukungan semua pihak.

Persiapan Maksimal

Usai acara, seorang peserta Citra Widyanirawan dari Kwarcab Purbalingga mengaku senang bisa tampil dalam pembukaan Jamnas 2022.

“Enggak nyangka bisa tampil di pembukaan Jambore Nasional di atraksi tadi,” kata Citra, dikutip dari jatengprov.go.id, Senin (15/8/2022).

Dia mengaku sempat grogi ketika tengah tampil dalam pembukaan. Mengingat yang hadir berasal dari seluruh Indonesia.

“Saya tadi tampil sebagai penari. Sempat grogi tadi,” kata Citra.

Meski demikian, dia mampu tampil maksimal. Hal itu tak lepas dari giatnya persiapannya dalam melakoni latihan sejak Juni 2022 lalu. Citra mengaku, tampil pada pembukaan, membuatnya terkesan.

Tak jauh beda juga disampaikan Raissa Nafis Aufa dari Kwarcab Kebumen. Dia berhasil membawakan tari asal Jayapura dengan lancar.

“Sempat grogi. Mengatasinya ya tetap konsentrasi. Berkesan sekali bisa tampil di Jamnas,” kata Raissa.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan, semangat para peserta benar-benar terbangun secara maksimal di sini.

“Semangatnya terbangun semuanya,” katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS