SDM Perbankan Terus Ditingkatkan untuk Penguatan Lembaga

Sulistya - Senin, 04 September 2023 20:21 WIB
Gathering 2023 HR Akselerator Indonesia yang dihadiri 150 praktisi HR se-Jateng diadakan di Pendopo BPR Arto Moro, Jl Elang Raya No 99, Kota Semarang.

Semarang, Jatengaja.com – Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan hingga Juni 2023, penyaluran kredit perbankan tumbuh sebesar Rp6,656 triliun atau tumbuh sebesar 7,76% (yoy). Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh sebesar 5,79% yoy menjadi Rp8,042 triliun.

Di tengah berbagai peristiwa regional maupun global, kinerja perbankan hingga kuartal II/2022, sektor perbankan Indonesia tetap resilien dengan fungsi intermediasi yang terjaga baik.

Untuk terus meningkatkan kinerja perbankan dalam rangka mencapai proyeksi pertumbuhan kredit dan Dana Pihak Ketiga, diperlukan penguatan kelembagaan, inovasi layanan dan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai. Oleh sebab itu, selain divisi terkait core business perbankan, peran HR Departemen juga sangat penting dalam mewujudkan pertumbuhan tersebut.

Sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan SDM yang unggul, kompeten dan berdaya saing, BPR Arto Moro bekerjasama dengan HR Akselerator Indonesia menyelenggarakan kegiatan Gathering 2023 HR Akeselerator Indonesia (HAI) di Pendopo Kantor Pusat BPR Arto Moro Jalan Elang Raya No 99 Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang.

Sebanyak 150 peserta dari unsur Pemerintah Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah, Akademisi, dan Praktisi HR se-Jawa Tengah hadir. Pembicara adalah Plt Kadisnakertrans Provinsi Jateng, Ahmad Aziz SE MSi, Kadisnakertrans Kota Semarang, Dr Sutrisno SKM MHKes, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Semarang – Pemuda, Multanti, dan Dekan FEB Undip Semarang, Prof Dr Suharnomo SE MSi.

Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan SSos mengatakan,pihaknya bangga dipilih dan dipercaya HR Akselerator Indonesia untuk menjadi tempat penyelenggaraan acara Gathering HAI.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan HR Akselerator Indonesia untuk menyelenggarakan gathering di Pendopo BPR Arto Moro. Semoga hubungan baik yang terbina ini akan terus berlanjut di waktu mendatang. Acara ini sangat positif karena HR adalah bagian penting bagi perusahaan dalam upaya menciptkan SDM berkualitas guna mendukung pertumbuhan perusahaan,” ucap Darmawan.

Dikatakan, sebelum gelaran acara Gathering HR Akeselerator Indonesia tersebut, pada pagi harinya, di Pendopo BPR Arto Moro juga digelar acara Syukuran Pencapaian Aset 1 Triliun Bank Arto Moro.

“Alhamdulillah. Akhirnya kami berhasil mewujudkan salah satu target perusahaan yaitu masuk ke dalam BPR beraset di atas Rp 1 Triliun. Pagi tadi sudah kita lakukan syukuran yang diikuti semua karyawan Bank Arto Moro. Dengan adanya kegiatan HR Akselerator ini, kami berharap akan semakin tumbuh SDM handal dan tangguh yang nantinya mampu membawa BPR Arto Moro mencapai aset yang lebih tinggi lagi,” katanya.

Menurut Darmawan, sebagai upaya memperkuat fungsi intermediasi perbankan, BPR Arto Moro terus berkomitmen mendukung dan berkolaborasi dengan berbagai organisasi maupun komunitas yang hendak menggunakan Pendopo dan venue BPR Arto Moro untuk menggelar acara atau kegiatan. Sebelum HR Akselerator Indonesia, BPR Arto Moro juga mendukung Komunitas Jeep Wrangler Owner (JWO), Semarang Fortuner Community (SFC) dan Pengda Kota Semarang INI, menggelar kegiatan di kantor pusat BPR Arto Moro.

“Sebagai bagian dari upaya literasi dan inklusi keuangan, BPR Arto Moro senantiasa menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat. Silahkan bagi organisasi ataupun komunitas yang ingin berkegiatan di BPR Arto Moro. Akan kami support dan sambut dengan tangan terbuka,” tutur Darmawan.

Kolaborasi

Ketua HR Akselerator Indonesia, Supriyadi Trisno Saputro, mengatakan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaran Gathering 2023 HR Akselerator Indonesia antara lain adalah sebagai strategi kolaborasi antara pemerintah, akademisi & praktisi dalam membangun Indonesia, untuk mewujudkan SDM yang unggul, kompeten & berdaya saing, serta untuk menumbuhkan semangat akselerasi, agility dan transformasi teknologi.

‘’Kami berterima kasih kepada BPR Arto Moro yang telah mendukung terselenggaranya acara Gathering HR Akselerator Indonesia ini. Gathering ini merupakan acara rutin yang kami gelar sebagai wadah kolaborasi strategis antara pemerintah, praktisi dan akademiki berbagi ide dan gagasan untuk kemajuan SDM di Indonesia,’ ucap Supriyadi Trisno Saputro.

Kasie SDM BPR Arto Moro, Tedy Ariyanto mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangata strategis dan penting sebagai media komunikasi dan sharing antar praktisi HR atau SDM di kota Semarang dan Jawa Tengah.

‘’Kinerja yang bagus dan pencapaian aset 1 Trilun yang baru saja kami rayakan, merupakan buah dari pengembangan dan pelatihan SDM berkesinambungan. Untuk itu, BPR Arto Moro senantiasa menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait dalam upaya terus mengembangkan dan menciptakan SDM yang semakin unggul dan berkualitas demi layanan semakin baik kepada nasabah,’’ ujar Tedy Ariyanto. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS