Sasar Pasar Singapura, TelkomGroup Bangun NeutraDC Hyperscale Data Center Batam

Sulistya - Kamis, 22 Desember 2022 11:47 WIB
Proses peletakan batu pertama NeutraDC Hyperscale Data Center yang diresmikan Wakil Menteri BUMN II RI Kartika Wirjoatmodjo (kelima dari kanan) bersama Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kelima dari kiri).

Batam, Jatengaja.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membangun NeutraDC Hyperscale Data Center Batam (HDC Batam) di Kabil Industrial Estate, Batam, Rabu (21/12).

Kehadiran HDC Batam menjadi langkah pasti TelkomGroup untuk memperkuat posisi sebagai pemain utama bisnis data center di regional. HDC Batam tak hanya akan melayani berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia, namun juga dapat menangkap potensi limpahan permintaan (spillover) dari negara lain.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) dilakukan Wakil Menteri BUMN II RI, Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono dan Direktur Utama NeutraDC Andreuw ThAF.

Direktur Utama NeutraDC, Andreuw ThAF mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan bisnis data center di Batam yang bertujuan untuk memperkuat positioning bisnis data center Telkom Group di domestik dan regional.

Salah satu upaya untuk pengembangan bisnis data center serta memberikan nilai tambah di bisnis ini dan lebih meningkatkan ekosistem data center Telkom Group, NeutraDC melakukan inisiasi kerja sama strategis bersama ST Dynamo Holdings (anak perusahaan dari Singapore Telecommunications (Singtel) dan PT Medco Power Indonesia (perusahaan penyedia renewable energy), yang dituangkan ke dalam Head of Agreement (HOA).

Kesepakatan ditandatangani Direktur Utama NeutraDC, Andreuw ThAF; Authorized Signature ST Dynamo yang merupakan Chief Commercial Officer, Regional Data Centre Singtel, Andrew Lim; serta Presiden Direktur PT Medco Power Indonesia, Eka Satria bersamaan dengan kegiatan peletakan batu pertama HDC Batam.

Terbesar Kedua

Ini menjadi data center berkapasitas terbesar kedua milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sekaligus bisnis data center ke-5 yang akan dikelola langsung oleh PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) yang merupakan anak perusahaan Telkom dengan portofolio bisnis data center, setelah Hyperscale Data Center Cikarang dan Data Center Sentul, Serpong, Surabaya (3S DC).

Inisiatif TelkomGroup dalam membangun HDC Batam diapresiasi Wamen BUMN II RI, Kartika Wirjoatmodjo. Dalam sambutannya, Wamen BUMN II mengatakan.

“Pembangunan hyperscale data center di Batam oleh Telkom Data Ekosistem ini merupakan langkah strategis yang kami yakini dapat melayani pasar domestik dan regional, khususnya pasar di Singapura. Hal ini juga sejalan dengan upaya untuk mengakselerasi transformasi digital dan mengubah seluruh perusahaan BUMN menjadi perusahaan yang lebih digital native."

HDC Batam akan dibangun di atas lahan seluas 8 Ha dengan total 3 Campus berstandar world class data center dengan total kapasitas IT load 51MW, menggunakan energi yang terbarukan (renewable energy), ramah lingkungan dan mengadopsi system multi-tier.

Pada fase awal pembangunan akan dimulai dengan IT load sekitar 20 MW dan akan meningkat sesuai dengan kebutuhan. HDC Batam akan menyediakan layanan yang dinamis dengan sistem modular yang dilengkapi dengan Building Management System, sehingga memungkinkan pelanggan untuk memilih berbagai layanan dengan variasi tier yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS