Wagub Jateng Minta Peran Ibu Nyai dalam Pendidikan Santri di Ponpes Agar Ditingkatkan

SetyoNt - Sabtu, 17 Desember 2022 17:43 WIB
Wagub Jateng Minta Peran Ibu Nyai dalam Pendidikan Santri di Ponpes Semakin Ditingkatkan (Jatengaja.com/dok.jatengprov.go.id)

Banyumas, Jatengaja.com - Peran istri kiai atau Ibu Nyai dalam pendidikan agama kepada para santri di pondok pesantran (Ponpes) ke depan agar semakin ditingkatkan kapasitannya.

Hal disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), Taj Yasin Maimoen saat membuka Rapat Kerja Pusat Jami'iyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh (JPPPM) di Ponpes At Taujieh Al Islamy 2 Andalusia, Desa Leler, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Sabtu (17/12).

Menurut Wagub Jateng saat ini dalam lingkungan Ponpes peran ibu Nyai dalam mengelola serta mendidik para santri sangat penting.

“Para ibu Nyai yang dulu mengikuti suami, saat ini harus memiliki keilmuan tersendiri, untuk memberikan pendidikan terhadap putra putri. Bahkan tidak hanya putra putri saja karena pondok pesantren mayoritas kebanyakan yang mengawasi dan memberikan pembelajaran termasuk para ibu Nyai,” kata Taj Yasin dilansir dari jatengprov.go.id.

Wagub Jateng menjelaskan dibutuhkan sinergitas antar organisasi perempuan di lingkungan Ponpes agar upaya mendidik ummat semakin efisien. Saat ini organisasi perempuan mendapatkan peran besar dalam menciptakan ruang pendidikan yang semakin berkembang.

Lebih jauh, Taj Yasin menyampaikan Pemprov Jateng terus berupaya memberikan ruang yang nyaman dan aman bagi para ulama dan habaib. Termasuk organisasi ibu Nyai yang sering melangsungkan kegiatan di Jateng.

Wagub Jateng menyampaikan dalam setahun terakhir lebih dari empat kali kegiatan organisasi ibu nyai yang digelar di Jateng. Hal ini menunjukkan para ibu nyai merasa nyaman berkegiatan di Jateng.

“Jawa Tengah itu nyaman untuk kegiatan kegiatan, pergerakan pergerakan. Saya minta maaf kalau pemerintah melayami anda kurang haik, memberikan ruang kurang baik, saya minta maaf,” kata Wagub Jateng. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS