PT Trust Aero Nusantara International Akan Lakukan Uji Coba Penerbangan ke Karimunjawa Akhir Agustus 2024

SetyoNt - Rabu, 07 Agustus 2024 13:11 WIB
Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta (empat dari kiri) menerima audensi PT PT Trust Aero Nusantara Internasional, Suharto. (dok.jatengprov.go.id)

Jepara, Jatengaja.com - PT Trust Aero Nusantara International pada akhir Agustus 2024 akan uji coba penerbangan rute Kota Semarang ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Hal ini disampaikan perwakilan PT Trust Aero Nusantara Internasional, Suharto saat melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta di ruang kerjanya, Senin (5/8/2024).

Suharto menyakan kesiapan maskapainya untuk melakukan uji coba penerbangan perdana ke Karimunjawa pada akhir Agustus 2024. Menurutnya, koordinasi dengan Kepala Bandara Dewandaru di Karimunjawa, juga telah dilakukan untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan tersebut.

“Kami sudah dapat approval, sudah tertulis izinnya di pihak Kepala Bandara Dewandaru. Rencananya uji coba pada akhir Agustus mendatang,” ujarnya.

Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta menyambut baik, rencana uji coba penerbangan ke Karimunjawa oleh PT Trust Aero Nusantara International dan akan memberikan kemudahan dalam segala prosedur perizinan di daerah.

“Saya mendukung dan menyambut baik, silakan kembangkan Karimunjawa melalui transportasi,” katanya saat menerima audiensi dari PT Trust Aero Nusantara International di lansir dari jatengprov.go.id.

Terlebih, lanjut Pj Bupati Jepara, maskapai milik PT Trust Aero Nusantara International juga menyediakan fasilitas ambulans udara, sehingga akan memungkinkan penanganan kesehatan yang lebih cepat dan efisien, serta memperkuat dukungan medis di Karimunjawa.

“Adanya fasilitas ambulan udara ini diharapkan dapat meningkatkan penanganan medis darurat bagi warga dan wisatawan di Karimunjawa,” ujarnya.

Perwakilan PT Trust Aero Nusantara Internasional, Suharto menjelaskan pada uji coba penerbangan mendatang, lanjut Suharto akan menggunakan pesawat kecil dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Rencana selanjutnya, mencakup pengoperasian pesawat ATR, yang dapat menampung sekitar 42 penumpang menyesuaikan dengan kapasitas maksimum landasan pacu Bandara Dewandaru.

“Ke depan kita pakai ATR yang tempat duduk berkapasitas 42 orang karena landasannya 1.400 meter,” terangnya.

Mengenai harga tiket untuk penerbangan ke Karimunjawa, Suharto menyatakan, akan ditentukan setelah melakukan pembicaraan dengan Dirjen Perhubungan Udara, yang akan membahas mengenai penetapan tarif yang sesuai dan kemungkinan nominal subsidi.

“Pesawat tidak hanya akan melayani penerbangan biasa, tapi dirancang sebagai layanan ambulan udara. Pesawat dilengkapi dengan kursi yang dapat diubah menjadi tandu, dan dilengkapi dengan peralatan medis serta obat-obatan,” jelasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS