133 Pengusaha Mikro dan Kecil di Jateng dan DIY Ikut Pertamina UMK Academy 2024

SetyoNt - Kamis, 01 Agustus 2024 21:52 WIB
133 Pengusaha Mikro dan Kecil di Jateng dan DIY Ikut Pertamina UMK Academy 2024. (jatengaja.com/dok. Humas Pertamina Patra Niaga)

Semarang, Jatengaja.com - Sebanyak 133 pengusaha mikro dan kecil di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kegiatan Pertamina UMK Academy 2024.

UMK Academy 2024 digelar PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT) dimulai 7 Juni serta ditutup dengan diskusi dan konsultasi usaha melalui daring pada hari Rabu (31/7/2024).

Menurut Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility PT Pertamina Patra Niaga RJBT, Brasto Galih Nugroho, kegiatan UMK Akademy tahun 2024 berbeda dengan UMK Academy tahun sebelumnya.

Bila sebelumnya peserta UMK Academy hanya dari mitra binaan Pertamina saja, namun tahun 2024 peserta UMK Akademy melibatkan non mitra binaan Pertamina atau umum.

“Program ini dilaksanakan melalui dua fase yaitu UMK Academy skala regional dan skala nasional, di mana UMK yang aktif dan memenuhi kriteria akan berkesempatan untuk melanjutkan ke tahap nasional,” kata Brasto dalam keterangan tertulis, Kamis 1 Agustus 2024.

Pada UMK Academy skala regional di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah berlangsung delapan kali kelas yang diisi dengan pelatihan dan pendampingan berbasis pada empat kurikulum pengembangan utama yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global.

Program pelatihan ini disusun dengan metode yang efektif, di mana 20% waktu digunakan untuk pemaparan materi oleh trainer dan 80% waktu dialokasikan untuk diskusi dan aktivitas kelas.

“Peserta juga akan memiliki kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan trainer terkait berbagai tantangan yang mereka hadapi,” ujar Brasto.

Selain itu, Brasto juga menjelaskan rangkaian agenda selanjutnya setelah delapan kali pelatihan yang telah dilaksanakan yakni adanya sayembara pameran untuk 5 peserta UMK Academy yang terpilih yakni Kub Global Agro Jaya, Kirana Ecoprint Borobudur, Batik Bengok, Batik Jinggar, dan Alfa Mabruk.

“Lima UMK yang terpilih ini akan mendapatkan bantuan untuk mengikuti pameran,” tandasnya.

Selain itu juga merencakan agenda kopi darat untuk menjadi ajang silaturahmi peserta yang akan dilaksanakan di tiga kota yaitu Kota Semarang, Kota Solo, dan Kota Jogja.

“Kami memberikan apresiasi peserta UMK Academy yang memiliki tekat untuk memajukan usahanya. Terima kasih sudah berpartisipasi serta berharap usaha dari peserta bisa berkembang dan bisa naik kelas,” ujar Brasto.

Sementara, Peserta UKM Akdemy, pemilik Fashionable is you di Sleman, Eny Salima menyatakan, sangat terbantu dengan adanya materi dari Pertamina Patra Niaga.

“Selama delapan kali pelatihan UMK Akademy ini materinya singkat tapi daging banget, jadi benar-benar me-refresh ilmu yang pernah saya terima. Rasanya rugi banget kalau sekali saja tidak ikut pelatihannya, karena ilmunya sangat bermanfaat,” katanya.

Pemilik UMK Global Agro Jaya di Wonosobo, Danang juga berterima kasih dengan adanya kegiatan UMK Akademy dari Pertamina. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS