Prof Sajidan Rektor UNS Periode 2023-2028

Sulistya - Jumat, 11 November 2022 19:00 WIB
Jumpa pers hasil rapat pleno MWA terkait penetapan rektor terpilih UNS Solo Periode 2023-2028, Jumat (11/11/2022) (Eduwara/ K. Setia Widodo )

Solo, Jatengaja.com – Prof Sajidan MSi terpilih menjadi rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2023-2028.

Majelis Wali Amanat (MWA) UNS telah menetapkan dan disetujui melalui rapat pleno yang dilakukan MWA di Ruang Sidang 1 Lantai 2 Gedung dr Prakosa, Kantor Pusat UNS Surakarta, Jumat (11/11/2022).

Sekretaris MWA UNS, Hasan Fauzi mengatakan pihaknya memilih sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

"Kami tadi tawarkan musyawarah, namun tidak tercapai. Kemudian dengan peraturan pemilihan, kami lakukan voting. Anggota MWA ada 17 orang, dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) memiliki 9 suara, sehingga walaupun ada 17 anggota namun total ada 25 suara," katanya kepada awak media, selepas rapat pleno, Jumat (11/11/2022), dikutip dari eduwara.com.

Dari 25 suara, calon rektor atas nama Prof Sajidan memperoleh 12 suara disusul Prof Hartono sebanyak 11 suara. Adapun Prof I Gusti Ketut Ayu dalam rapat tersebut memperoleh 2 suara.

Hasan menambahkan, setelah rapat pleno proses selanjutnya adalah pelantikan rektor baru. Pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada 13 April 2023 mendatang.

Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof Sajidan yang berhasil mengungguli dua calon lainnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UNS yang sudah bersama-sama untuk mengikuti, memperhatikan seluruhnya dalam kondisi yang baik. Kita harapkan nanti di April 2023 ada pelantikan, In Sya Allah kita dorong kita doakan, kita beri support agar UNS lebih baik dan maju," tuturnya.

Menurut Jamal, penetapan Prof Sajidan sebagai rektor baru sudah sesuai dengan yang diharapkan.

"Kemarin di tahap penyaringan Prof. Sajidan kan juga unggul dengan 8 suara, Prof. I Gusti Ayu 4 suara, dan Prof. Hartono 3 suara. Artinya kalau dilihat dari tahap penyaringan dan dilanjutkan pemilihan juga sudah sesuai dengan yang diharapkan," tuturnya.

Sebelumnya, Jamal sudah mengadakan doa bersama dengan para pimpinan dan panitia pemilihan di ruang sidang. Dalam kesempatan itu dia berpesan yang intinya siapa saja yang memenangi pemilihan rektor, itu adalah kemenangan bersama untuk melanjutkan kepemimpinan dirinya. (-)

Editor: Sulistya
Tags Rektor baru UNSUNS Bagikan

RELATED NEWS