Perkuat Ekosistem Halal Value Chain, BI Jateng Gelar FAJAR 2024 di MAJT Semarang

SetyoNt - Kamis, 08 Agustus 2024 23:10 WIB
Kepala Kantor Perwakilam BI Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra memberikan keterangan kepada wartawan usai membuka FAJAR 2024 di MAJT Semarang. (Jatengaja.com/Totok)

Semarang, Jatengaja.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah menggelar Festival Jateng Syariah (FAJAR) 2024 untuk memperkuat ekosistem halal value chain di Jawa Tengah.

Kepala Kantor BI Jawa Tengah (Jateng) Rahmat Dwisaputra mengatakan, untuk memperkuat ekosistem halal value chain di Jateng dengan melakukan sinergitas dengan semua pihak.

“Penyelenggaraan FAJAR 2024 penekanannya kepada memperkuat ekosistem halal value chain di Jateng dari hulu hingga hilir,” katanya pada pembukaan Festival Jateng Syariah 2024 di Convention Hall Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Kamis (8/5/2024).

Menurut Rahmat, FAJAR 2024 menjadi langkah strategis dalam mendukung kebijakan utama Bank Indonesia untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

“Kami senantiasa menjaga konsistensi dalam membentuk ekosistem halal value chain, yang didasari pada perkembangan gaya hidup halal dan thoyyiban. Penguatan halal value chain secara end to end ini diharapkan dapat terus terjalin melalui sinergi dan kolaborasi yang semakin luas dengan seluruh pemangku kepentingan di Jawa Tengah,” ujarnya.

Rahman menyebutkan BI Jateng berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota telah melakukan fasilitasi sertifikasi halal kepada 500 pelaku UMKM. Selain itu juga memfasilitasi lebih dari 200 pondok pesantren sebagai Hebitren (Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren).

“Serta 25 UMKM syariah lolos kurasi Industri Kreatif Syariah Indonesia (Ikra), 300 orang Juleha (Juru Sembelih Halal), dan 21 Rumah Potong Unggas Halal,” ujarnya.

Kegiatan Festival Jateng Syariah 2024 digelar 8-11 Agustus 2024 merupakan kegiatan tahun ke-6 sejak dimulai pada 2019 silam.

FAJAR 2024 merupakan rangkaian kegiatan Road to FESyar Regional Jawa yang akan dilaksanakan pada September 2024 dan Indonesia Sharia Economi Festival (ISEF) ke-11 yang akan berlangsung pada Oktober 2024.

Hadir dalam pembukaan FAJAR 2024 antara lain, anggota Komisi XI DPR RI, Dr. H. Musthofa, Ketua Komisi C DPRD Jateng, Bambang Haryanto Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jateng, July Emmylia, Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY, Ketua MUI Jateng, KH. Ahmad Darodji.

Mengangkat tema "Sinergi Memperkuat Industri dan Gaya Hidup Halalan Thayyiban untuk Kebangkitan Ekonomi Syariah Jawa Tengah", rangkaian kegiatan akan menampilkan FAJAR Halal Exporience, sholawat akbar, seminar/talkshow, edukasi halal lifestyle, dan perlombaan.

​​Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana dalam sambutan yang dibacakan July Emmylia memberikan apresiasi tinggi atas upaya dan kerja sama yang telah dilakukan bersama Bank Indonesia dalam mewujudkan ekosistem halal value chain yang inklusif.

Sementara, anggota Komisi XI Musthofa mendukung upaya Kantor Perwakilan BI Jateng dalam mewujudkan ekosistem halal value chain.

“Saya berharap Jateng bisa menjadi contoh penerapan eksositem halal di Indonesia,” harap mantan bupati Kudus ini.

Wujud implementasi untuk mengakselerasi ekosistem halal value chain di Jateng yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Jateng bersama stakeholder antara lain penetapan zona kuliner halal aman dan sehat (KHAS) di MAJT, Purwokerto, Tegal , dan Solo. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS