Percepat Sertifikasi Halal, Walisongo Halal Center dan BI Gelar Pelatihan bagi UMKM

SetyoNt - Kamis, 20 Juli 2023 17:02 WIB
Percepat Sertifikasi Halal, Walisongo Halal Center dan BI Gelar Pelatihan bagi UMKM (Jatengaja.com/istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo bekerjasama dengan Bank Indonesia Jawa Tengah menggelar Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Program Self Declare Tahun 2023.

Kegiatan yang diikuti 100 pelaku usaha kategori UMKM dan 10 Pendamping Proses Produk Halal (P3H) WHC UIN Walisongo berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang, Selasa (18/7/2023).

Hadir dalam acara tersebut Mega Nazareta, Asisten Direktur Fungsi Pengembangan Keuangan Inklusif dan Ekonomi Islam Bank Indonesia (BI) Jateng, Mega Nazareta dan Direktur WHC, Malikhatul Hidayah.

“Kegiatan kerja sama sertifikasi halal dengan Bank Indonesia Jawa Tengah bukan pertama kali. Tahun kemarin Bank Indonesia juga membantu kegiatan PP3H WHC. Semoga sinergitas selalu terjalin sehingga semakin mendorong sertifikasi halal di Jawa Tengah,” kata Malikhatul.

Sementara, Mega Nazareta, menyatakan Bank Indonesia (BI) mendukung penuh percepatan sertifikasi halal di Jawa Tengah karena membantu para pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki nilai tambah (value) dalam produknya.

Dengan memiliki sertifikat halal akan meningkatkan daya saing produk UMKM tidak hanya dikancah nasional tapi juga internasional.

“Program pelatihan dan pendampingan ini membantu para UMKM untuk memiliki sertifikasi halal. UMKM yang sudah bersertifikasi halal memiliki kesempatan untuk diterima tidak hanya dipasar nasional tapi pasar internasional,” ujarnya.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Program Self Declare ini akan membantu para pelaku UMKM untuk submit dan mendapatkan sertifikat halal.

Di tempat acara, para pelaku usaha langsung membawa contoh produk yang akan didaftarkan sertifikat halal, kemudian dibantu para P3H untuk submit ke pengajuan sertifikasi halal di website ptsp.halal.go.id.

Dian Rahmawati, salah satu pelaku usaha yang hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut,

“Pelatihan dan pendampingan sertifikasi halal ini sangat membantu saya dalam proses mendapatkan sertifikat halal produk keripik saya. Semoga dengan adanya logo halal pada produk dapat meningkatkan penjualan serta memberikan keyakinan pada konsumen bahwa produk saya halal,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS