Perayaan Natal 2022 Aman, Kapolda Jateng Ucapkan Terima Kepada Masyarakat

SetyoNt - Senin, 26 Desember 2022 17:04 WIB
Perayaan Natal 2022 Aman, Kapolda Jateng Ucapkan Terima Kepada Masyarakat (Jatengaja.com/istimewa)

Solo, Jatengaja.com - Pelaksanaan misa maupun perayaan Natal 2022 di seluruh gereja di Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu-Minggu (24-25/12), berjalan aman. Tak ada gangguan keamanan menonjol.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sehingga ibadah dan perayaan Natal berjalan aman dan lancar.

“Total ada sebanyak 2.760 gereja se-Jateng yang kami pastikan semuanya berjalan aman,” katanya saat mengecek kesiapan personel pengamanan serta menyapa umat Nasrani yang beribadah Natal di Gereja Katolik Santa Maria Regina dan Gereja Kerajaan Allah di Kota Solo, Minggu (25/12).

Menurut Kapolda Jateng pengamanan perayaan Natal sudah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) baik di gereja prioritas 1,2 dan 3.

“Para Kapolres sudah melakukan pemetaan untuk menentukan perkuatan pengamanan di setiap geraja,” ujaranya.

Kapolda Jateng menambahkan, Polda Jateng telah melakukan pemantauan dan analisa sebelum menggelar operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) digelar.

Potensi gangguan Kamtibmas termasuk ancaman terorisme sudah diantisipasi dengan melaksanakan koordinasi bersama BNPT dan Densus 88.

“Aksi teror dan gangguan Kamtibmas yang menonjol tidak ada. Bersyukur semua berjalan lancar dan aman, umat yang merayakan semuanya bergembira,” ujar Kapolda Jateng.

Uskup Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko juga menyatakan pelaksanaan ibadah dan perayaan Natal 2022 di wilayah Keuskupan Agung Semarang berjalan lancar serta menggembirakan.

Wilayah Keuskupan Agung Semarang meliputi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan ribuan gereja Katolik.

“Pelaksanaan Natal di Keuskupan Agung Semarang yang meliputi Jawa Tengah dan DIY berjalan dengan baik, kondusif sekali, dan menyenangkan,” katanya saat menerima kunjungan Gubernur, Jateng Ganjar Pranowo di Keuskupan Agung Semarang, di Jalan Pandanaran, Semarang, Minggu (25/12). (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS