Pempek Indonesia Dinobatkan Makanan Seafood Terbaik Nomor 5 Dunia, Kalahkan Sushi Jepang

SetyoNt - Senin, 13 Maret 2023 11:57 WIB
Pempek Dinobatkan sebagai Makanan Berbahan Seafood Terbaik Nomor 5, Kalahkan Sushi Nigiri Maguro dari Jepang (Dok WongKito.co)

Jatengaja.com - Makanan pempek asal Palembang, Indonesia berbahan utama daging ikan dan tepung tapioka dinobatkan sebagai makanan berbahan seafood terbaik nomor 5 di dunia versi tasteatlas.com.

Pempek mampu mengalahkan makanan berbahan ikan lain di seluruh dunia antara lain sushi dari Jepang , makanan nigiri maguro dan ikan salmon asap asal Finlandia, Loimulohi.

Berdasarkan laman tasteatlas.com dilansir dari wongkiot.co jaringan Jatengaja.com mengungkapkan pempek yang berasal dari Kota Palembang merupakan makanan tradisional yang menjadi kudapan masyarakat sejak di masa lampau.

Makanan Pempek menjadi salah satu makanan yang tradional yang sangat terkenal di Indonesia dan termasuk makanan terlezat. Pempek disajikan dengan cara direbus atau digoreng, dan dilengkapi dengan saos cuko.

Dengan semakin dikenalnya pempek dia berharap makanan tradisional ini semakin mendunia. Perajin-perajin pempek pun akan semakin mudah memperluas pasar makanan tersebut, tambah dia.

Sementara, di posisi keempat makanan terbaik berbahna seafood menurut laman tasteatlas adalah you bao xia dari Cina berupa udang yang dimasak dengan cara digoreng utuh sampai garing dengan saus gurih.

Saus ini merupakan perpaduan kaldu ayam, cuka hitam, minyak wijen, gula, dan anggur Shaoxing.

Daun bawang dan irisan jahe sering digunakan selama proses memasak, tapi bisa juga digunakan sebagai hiasan sebelum hidangan disajikan. Udang tumis sangat populer di perayaan Tahun Baru Imlek.

Lalu di posisi ketiga, Amêijoas à Bulhão Pato, masakan yang berasal dari Portugis berupa olahan kerang dengan saus beraroma yang berbahan dasar minyak zaitun, bawang putih, jus lemon, dan daun ketumbar segar.

Kerang Bulhão Pato biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka dan biasanya disajikan dengan roti di sampingnya.

Di posisi kedua, Ceviche mixto berasal dari Peru klasik. Makanan ini terbuat dari ikan, udang, cumi-cumi, gurita dan kerang. Juga kerap ada yang menggunakan remis atau kepiting kecil direndam dalam jus lemon, jus jeruk nipis, jus seledri, garam, bawang bombai, daun ketumbar, dan cabai pedas. Ceviche mixto biasanya disajikan dengan ubi jalar dan jagung Peru.

Di posisi pertama Gambas al ajillo, makanan dari Spanyol populer yang terdiri dari udang yang ditumis dalam wajan dengan bawang putih cincang, jus lemon, paprika, dan minyak zaitun.

Rasanya yang khas dan memiliki aroma yang luar biasa menempatkan makanan yang kerap dipasangkan dengan roti kering ini berada di posisi puncak makanan berbahan seafood terbaik di dunia. (-)

Tulisan ini telah tayang di wongkito.co oleh Nila Ertina pada 12 Mar 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS