Menjaga Mata Air di Blora, Penanaman Pohon Digalakkan

Sulistya - Minggu, 17 Juli 2022 14:01 WIB
Bupati Blora, Arief Rohman pada penanaman pohon dan penandatanganan perjanjian kerja sama gerakan penyelamatan sumber mata air, di SD 2 Sambong, Blora. (Jatengaja.com/jatengprov.go.id)

Blora, Jatengaja.com – Upaya menyelamatkan mata air di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, terus dilakukan berbagai pihak.

Bupati Blora, Arief Rohman menuturkan, menjaga sumber mata air tersebut sangat penting, mengingat air menjadi kebutuhan vital makhluk hidup.

“Jangan tinggalkan air mata, tapi tinggalkan mata air untuk anak cucu kita,” kata Bupati Blora, Arief Rohman pada penanaman pohon dan penandatanganan perjanjian kerja sama gerakan penyelamatan sumber mata air, di SD 2 Sambong, dalam siaran persnya, dikutip Minggu (17/7/2022).

Bupati mengajak generasi muda dan para pelajar untuk ikut serta menjaga sumber mata air dan lingkungan.

“Adik-adik, ayo kalian juga harus ikut membantu menanam dan menjaga pohon yang bagus, untuk sumber mata air,” kata bupati.

Bupati berharap, pohon-pohon yang ditanami tersebut dapat tumbuh dan bermanfaat untuk menjaga sumber mata air.

Dia meminta upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka menyelamatkan sumber mata air di Desa Sambong tersebut, bisa ditiru daerah lainnya. Bahkan ke depannya, Desa Sambong dapat dicanangkan menjadi salah satu desa yang menjadi percontohan.

“Masyarakatnya sangat semangat, semoga nanti Desa Sambong bisa menjadi percontohan pelestarian alam,” kata Mas Arief, sapaan akrabnya.

Arief berharap masyarakat Desa Sambong dapat ikut serta merawat pohon-pohon tersebut.

“Setelah ditanami tolong dijaga dirawat nanti saya ke sini lagi, setahun lagi harus tumbuh rindang,” ujarnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Blora, Ahmad Mahbub Djunaidi menuturkan, penanaman pohon tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat. Menurutnya, air merupakan kebutuhan dasar yang tidak boleh dihabiskan, maka penanaman pohon tersebut diharapkan dapat melestarikan ketersediaan air di bumi.

”Kita menyiapkan untuk generasi yang akan datang, agar air yang ada senantiasa bisa menghidupi kehidupan kita bersama,” kata Mahbub. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS