Iduladha 2022, Himbara Salurkan Hewan Kurban 300 Ekor Sapi

SetyoNt - Minggu, 10 Juli 2022 23:15 WIB
Penjualan hewan kurban yang berderet sepanjang Jl Koang jaya Tangerang, Senin 4 Juli 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Jakarta, Jatengajaaja.com - Pada Iduladha 1443 H/2022, Himpunan Bank Negara (Himbara) yang terdir atas BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN berkolaborasi menyalurkan hewan kurban sebanyak 300 ekor sapi ke beberapa daerah di Tanah Air.

Himbara membagikan 300 hewan kurban sapi tersebut antara lain ke wilayah Jawa Timur sebanyak 200 ekor sapi, Jawa Barat sebanyak 75 ekor sapi, dan wilayah Banten sebanyak 25 ekor sapi.

Menteri Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambut positif langkah yang dilakukan Himbara, karena sebagai wujud kehadiran BUMN dalam membangun ekonomi kerakyatan dan keumatan.

"BUMN harus hadir di tengah-tengah masyakarat. Hal ini yang ditunjukan bank-bank Himbara, seperti Mandiri, BNI, BRI, dan BTN yang bersama-sama menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat," ujar Erick dalam keterangan pers dikutip Minggu, 10 Juli 2022.

Menurut Menteri BUMN, Erick Thohir langkah penyaluran hewan kurban yang dilakukan Himbara bukan hanya sekadar pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), tetapi bertujuan untuk memberikan kebahagiaan bagi masyarkaat sebagai wujud kehadiran BUMN dalam membangun ekonomi kerakyatan dan keumatan.

Pasalnya Himbara menyerap ratusan ekor sapi tersebut dari para peternak di wilayah Jabar dan Banten. Tak hanya membeli, himbara juga dibantu anggota holding BUMN pangan atau ID Food, PT Berdikari, yang bertugas untuk memastikan bahwa setiap sapi telah terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Jadi tidak hanya masyarakat penerima kurban yang bergembira, para peternak lokal pun ikut senang. Prinsipnya dari masyarakat kembali lagi untuk masyarakat,” tanda Erick Thohir.

Menteri BUMN, Erick Thohir menambahkan terus mendorong BUMN mengedepankan ekonomi kerakyatan dengan merangkul masyarakat, UMKM, peternak, hingga petani.

“Kondisi para peternak yang saat ini terdampak menurunnya daya beli masyarakat akibat adanya penyebaran PMK, sehingga perlu dibantu,” ujarnya. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Farhan Syah pada 10 Jul 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS