Mahasiswa Fakultas Hukum Undip, Maria Felicia Raih Juara I Denok Semarang 2024

SetyoNt - Jumat, 24 Mei 2024 16:44 WIB
Mahasiswa Fakultas Hukum Undip, Maria Felicia (kanan) Raih Juara I Denok Semarang 2024 (Jatengaja.com/dok. Humas Undip)

Semarang, Jatengaja.com - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Maria Felicia berhasil meraih juara I Denok pada ajang Denok Kenang Semarang 2024.

Ajang Denok Kenang Semarang yang digelar Pemerintah Kota Semarang untuk mecari duta wisata generasi muda guna melestarikan dan mengenalkan kebudayaan Kota Semarang, Jawa Tengah.

Menjadi seorang duta kebudayaan selaras dengan passion yang dimiliki Maria Felicia Slamet Riyono sejak kecil sering mengikuti berbagai kompetisi seperti menyanyi, menari, dan modeling.

Menurut Mahasiswa jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Undip ini, melalui kebudayaan dirinya mampu memahami, mengenal, dan merepresentasikan nilai suatu kebudayaan sebagai WNI.

“Ada rasa kebanggaan atas kekayaan budaya bangsa Indonesia, khususnya Kota Semarang. Sehingga ada dorongan dalam diri saya untuk terus belajar serta menekuni bidang kebudayaan dan pariwisata. Serta mengajak generasi muda agar ikut mengenal, menjaga, dan melestarikan budaya bangsa,” kata Maria.

Mahasiswa Undip angkatan tahun 2022 ini menceritakan banyak pengalaman baru dan menarik yang didapatkan selama mengikuti kompetisi dan memenangkan kejuaraan Denok Kenang Semarang 2024.

Tahapan kompetisi yang dijalani mulai dari audisi dengan serangkaian penilaian meliputi tes tertulis, tes penampilan, dan wawancara, hingga lolos 30 besar finalis serta karantina hingga menuju ke grand final.

“Saat karantina Denok Kenang Semarang memberikan pengalaman dan pengetahuan baru khususnya dalam bidang pariwisata, kebudayaan, public speaking, bahasa Inggris, serta pengetahuan lain,” ujarnya.

Maria menambambahkan dari rangkaian kegiatan mengikut ajang Denok Kenang Semarang 2024 mendapat banyak teman dan relasi baru yang saling mendukung dan mempunyai tujuan yang sama untuk memajukan budaya dan pariwisata Kota Semarang.

“Kota Semarang memiliki daya tariknya tersendiri, seperti kawasan Kota Lama banyak spot foto menarik, terdapat banyak cafe dan tempat nongkrong menjadi daya tarik bagi generasi muda,” jelas Denok Kota Semarang 2024 ini.

Kepada mahasiswa Undip lainnya, Maria berpesan untuk jangan ragu mencoba hal-hal baru, ke luar dari zona nyaman, dan percaya pada diri sendiri mampu mengerjakan.

“Teruslah belajar dan berusaha, serta memohon penyertaan dan perlindungan Tuhan dan doa restu orang tua,” pesannya.

Selain juara I Denok Kenang 2024, prestasi Maria lainnya adalan Juara I Lomba Tari Kretek Perorangan Tingkat Jawa Tengah tahun 2017, Juara 1 Pemilihan Putra Putri Budaya tingkat Jawa Tengah dan DIY tahun 2017, dan meraih Gold Certificate dan Female Choir Champion of Category pada Bali International Choir Festival tahun 2023. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS