Libur Lebaran 2023, Pengunjung Semarang Zoo Capai 60 Ribu Orang Lampau Target

SetyoNt - Sabtu, 13 Mei 2023 23:21 WIB
Selama Libur Lebaran 2023, Pengunjung Semarang Zoo Capai 60 Ribu Orang Lampau Target (Kabarku.net/Istimewa)

Semarang, Jatengaja.com - Jumlah pengunjung objek wisata Semarang Zoo selama musim libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah/2023 mencapai 60 ribu orang, melampaui target.

Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin mengatakan semula mantargetkan jumlah pengunjung pada momen libur Lebaran 2023 sebanyak 30 ribu hingga 40 ribu orang.

“Selama libur Lebaran tahun ini jumlah target pengunjung terlampaui yakni mencapai sebanyak 60 ribu orang,” katanya dilansir dari semarangkota.go.id, Sabtu (13/5).

Menurut Choirul jumlah pengunjung rata-rata perharinya sebanyak 8 ribu orang. Puncak pengunjung terjadi pada Lebaran H+2 atau Minggu (24/4/2023) mencapai sekitar 8.700 orang.

Pengunjung Semarang Zoo tidak hanya dari Kota Semarang, tapi juga dari luar kota seperti Kendal, Demak, Jakarta, Jawa Timur, dan Cirebon.

“Pengunjung dari Cirebon paling banyak karena sebelum puasa, pihaknya berkomunikasi dengan pihak sekolah dan agen travel di sana, sehingga membuat kunjungan terus ramai. Apalagi, sekarang sudah didukung dengan jalur tol yang makin pendek jarak tempuhnya,” ujarnya.

Wahana di Semarang Zoo paling diminati atau menarik pengunjung, yaitu Aviary Dome atau Kandang aneka burung berukuran besar.

Karena pengunjung terutama anak-anak bisa langsung memberi makan hewan burung, didalamnya berinteraksi dengan satwa aves koleksi di Semarang Zoo, seperti seperti kakaktua, parkit, merak, dan jalak.

Terlebih lagi pengunjung yang ingin masuk ke dalamnya Aviary Dome tidak dikenai tiket alias gratis, karena tiketnya sudah termasuk tiket masuk Semarang Zoo.

Selain itu, pengunjung gratis permainan wahana play -play, bisa memilih satu wahana permainan. Agar kondisi satwa tetap sehat, pengelola rutin melakukan pengecekan kondisi kesehatan satwa dan mengimbau pengunjung tidak memberikan makanan sembarangan.

“Harus ada pendampingan dari dokter, kalau dari luar atau pengunjung kami beritahukan dan ingatkan kepada pengunjung karena efeknya nanti kepada satwa tersebut,” jelasnya.

Wahana lain yang juga diminati pengunjung, yakni Animal Show, dan banyak koleksi yang ada di Semarang Zoo, diantaranya Gajah, harimau, Unta punuk satu dan Rangkong Julang Mas serta lainnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS