Simak Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Mendirikan Susi Air dari Modal Awal Bisnis Rp750 Ribu

SetyoNt - Jumat, 12 Mei 2023 17:25 WIB
Simak Kisah Sukses Susi Pudjiastuti Mendirikan Susi Air dari Modal Awal Bisnis Rp750 Ribu (Susi Air)

Jatengaja.com - Maskapai penerbangan Susi Air yang dioperasikan oleh PT ASI Pujiastuti Aviation. Pemilik maskapai yang berdiri sejak akhir tahun 2004 adalah Susi Pujiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari kabinet kerja 2014-2019.

Saat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, sosok Susi nyentrik dan terbilang berani dalam menumpas penangkapan ikan ilegal berhasil menarik perhatian banyak orang. Hingga banyak orang yang mencari tahu informasi tentangnya termasuk bisnisnya.

Berikut adalah sepenggal kisah sukses Susi Pudjiastuti dalam mendirikan bisnisnya, termasuk maskapai penerbangan Susi Air yang dilansir dari trenasia.com jaringan Jatengaja.com.

Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, Jawa Barat pada tanggal 15 Januari 1965 dari pasangan H. Ahmad Karlan dan Hj Suwuh Lasminah. Sejak duduk di bangku SMP, ia telah menjajal keterampilan berbisnisnya dengan berbisnis pakaian dan bedcover.

Hingga ketika duduk di bangku SMA, memutuskan untuk berhenti sekolah dan melanjutkan kegiatan berbisnisnya. Karena hidup di lingkungan nelayan, Susi memutuskan untuk menekuni bisnis jual beli ikan dengan modal awal hanya sekitar Rp750.000 kala itu.

Meski menemukan kendala saat merintis karena banyak restoran yang belum mempercayai bisnisnya, namun konsistensinya dalam menawarkan dan memilih ikan berkualitas tinggi mengantarkannya untuk semakin dikenal lingkup konsumen yang lebih luas.

Bisnisnya terus berkembang dan mulai melebarkan sayap dengan menjual produk lobster. Pada tahun 1996, Susi berhasil mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan lobster dan menggunakan label Susi Brand. Dia berhasil mengekspor produknya ke Asia hingga Amerika.

Untuk mengangkut produk, memasarkan dan menjaga kualitas serta kesegaran produknya Susi merasa membutuhkan alat transportasi hingga akhrinya ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau Susi Air.

Dalam menjalankan bisnis penerbangan ini, Susi mendapat dukungan penuh dari suaminya Christian von Strombeck, yang juga berprofesi sebagai pilot.

Pada tahun 2000, Susi mengajukan pinjaman dana ke bank untuk merintis bisnis penerbangan miliknya, namun proses pinjamannya tak berjalan mulus dan baru bisa cair sebanyak Rp47 miliar pada tahun 2005.

Dana tersebut ia manfaatkan untuk membangun landasan udara di Pangandaran serta membeli 2 unit pesawat Cessna.

Pada tahun 2004, Tsunami menerjang Aceh yang menyebabkan banyak korban berjatuhan hingga menjadi sorotan dunia. Susi yang merasa prihatin akhirnya menawarkan bantuan pesawatnya secara cuma-cuma untuk pihak yang ingin mengirim bantuan ke Aceh.

Kedermawanannya tersebut menuai cukup banyak permintaan dari LSM dalam maupun luar negeri. Dari sanalah nama Susi Air semakin dikenal oleh banyak orang sampai sekarang. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 12 May 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS