Lazima Beri Santunan 100 Anak Yatim di Kota Semarang

SetyoNt - Sabtu, 29 Juli 2023 21:12 WIB
Lazima Beri Santunan 100 Anak Yatim di Kota Semarang (Jatengaja.com/dok. Lazima)

Semarang, Jatengaja.com - Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Masjid Agung Jawa Tengah (Lazima) memberikan santunan kepada 100 anak yatim di Kota Semarang.

Penyerahan santunan Lazima kepada 100 anak yatim itu dilaksanakan di Masjid Darul Iman, Jalan Muktiharjo Raya, Sendang Indah, Muktiharjo Lor, Genuk, Semarang Sabtu 29 Juli 2023.

Ke-100 anak yatim berasal dari beberapa wilayah di Kota Semarang yakni Bangetayu (23 orang), Sambirejo (9 orang), Tlogosari (16 orang), Muktiharjo (20 orang), Pandanaran (8 orang), Sendangguwo (6 orang), dan Semarang Selatan (18 orang).

Ketua Lazima, KH. Wahab Zaenuri menyatakan di bulan Muharram hendaknya ikut memberikan perhatian kepada anak yatim agar ikut berbahagia.

"Santunan kepada adik-adik yatim dan yatim piatu ini bagian dari ikhtiar kita dalam memberikan perhatian untuk berbagi kebahagiaan kepada mereka,” katanya.

Menurut Kiai Wahab Zaenuri santunan kepada anak yatim merupakan kegiatan rutin Lazima MAJT yang dilaksanakan setiap tahun, saat bulan Muharram.

“Kami juga telah merencanakan kegiatan sosial lainnya berupa cek kesehatan gratis bagi para mustahiq dan duafa,” ujarnya.

Perwakilan orang tua anak penerima santunan, Sulastri, 60, warga RT 4 RW 4 Muktiharjo Lor, Genuk bersyukur dapat santunan dari Lazima.

Sulastri mewakili dua cucunya yang baru SMP dan masuk TK itu bercerita, bahwa ayah dari kedua cucunya telah meninggal dunia setahun lalu dalam sebuah kecelakaan di Tol Boyolali.

"Saya merasa senang sekaligus terharu. Saya berharap santunan dapat membantu meringankan beban hidup cucu-cucu saya juga lainnya,” ujarnya wanita yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga itu.

Wakil Ketua Takmir Masjid Darul Iman Sendang Indah, Muktiharjo Lor, Genuk Semarang, Kiai Miftahus Surur menyatakan suatu kehormatan menjadi tempat penyeragan santunan anak yatim oleh Lazima MAJT.

"Selama ini belum pernah santunan dilaksanakan di sini. Alhamdulillah, Muharram tahun ini santunan LAZISMA digelar disini. Memang kalau dari BMT Walisongo beberapa kali santunan di sini, namun untuk tahun ini tidak. Mungkin dilaksanakan di tempat lain," ucap Surur

Menurut Kiai Surur di Sendang Indah Muktiharjo Lor ada 18 anak yatim dan yatim piatu. Selain dapat santunan dari Lazima juga dapat santunan dari jamaah pengajian malam jumat Kliwon Masjid Darul Iman.

Kegiatan santunan kepada anak yatim dan yatim piatu di bulan Muharram, imbuh Kiai Surur merupakan kegiatan yang sangat mulia.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah shalallalu allaihi wassalam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim seperti ini di surga," kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah yang menunjukkan kedekatan dan kebersamaan.

“Menyantuni anak yatim dapat membawa keberkahan dalam hidup seseorang. Saya mendoakan semoga manajemen Lazima dalam mengelola amanah ummat senantiasa diberikan kemudahan, kelancaran dan keberkahan,” ujarnya. ***

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS