KONI Semarang Raya Ditetapkan Sebagai Calon Tuan Rumah Porprov 2026

SetyoNt - Kamis, 27 Juli 2023 22:18 WIB
KONI Semarang Raya Ditetapkan Sebagai Calon Tuan Rumah Porprov 2026

Semarang, Jatengaja.com - Semarang Raya meliputi Kota Semarang, Salataiga, Kabupaten Demak, Kendal, dan Kabupaten Semarang sebagai calon tuan ruman Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII tahun 2026.

Penetapan Semarang Raya ini dilakukan setelah digelar pertemuan pengurus KONI Jateng dengan calon tuan rumah Porprov XVII 2026 di Hotel Grasia Semarang, Rabu 26 Juli 2023.

Penetapan calon tuan rumah Porprov Jateng XVII 2026 harus segera dilakukan karena berkaitan dengan upacara penutupan Porprov XVI di Jepara, 11 Agustus 2023, yakni penyerahan bendera kepada calon tuan rumah berikutnya.

“Pasal 40 ayat (5) Peraturan Ketua Umum KONI Jawa Tengah No 1 tahun 2022 tentang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yakni adanya serah terima bendera Porprov (2026). Nah, aturan itulah yang kemudian KONI Jateng harus bergerak cepat,” kata Ketua Bidang Hukum KONI Jateng, Ali Purnomo SH.

Pertemuan dihadiri Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, Ketua Harian Bambang Rahardjo Munadjat yang sekaligus ketua tim penjaringan dan penyaringan calon tuan rumah Porprov 2026, Wakil Ketua Umum II dan V Soedjatmiko dan Sudarsono serta Kabid Organisasi, Joko Priyono.

Sedangkan calon tuan rumah, hadir Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kota Semarang Teguh Setiono, Sekum KONI Kendal, S Wahyu Widayanto , Sekum KONI Demak, Yudo Astiko, dan Okta Kambuno dari KONI Salatiga, sedangkan KONI Kabupaten Semarang absen.

KONI Jateng Bona menyatakan sejak September 2022 setelah Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jateng, hanya KONI dari Semarang Raya meliputi Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kendal Salatiga, dan Kabupaten Semarang yang secara resmi mengajukan permohonan secara tertulis sebagai tuan rumah Porprov XVII 2026.

''KONI lainnya seperti Pekalongan Raya hanya wacana. Jadi tidak salah kalau KONI Jateng kemudian menindaklanjuti dengan memanggil pengurus KONI dari Semarang Raya,” ujarnya.

Dari hasil pertemuan tersebut, diketahui empat KONI di Semarang Raya sudah siap menjadi tuan rumah Porprov XVII yang diwujudkan dengan surat dukungan dari kepala daerah dan DPRD masing-masing kota dan kabupaten.

“Kota Semarang sebagai ibu kota provinsi, sudah siap. DPRD dalam hal ini Komisi D dan Pemkot sudah memberi dukungan,” kata Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setiyono.

Sedangkan Sekum KONI Demak Yudo Astiko menyatakan daerahnya minimal siap untuk menggelar lima cabang olahraga.

Okta Kambuno dari KONI Salatiga bahkan sudah mengusulkan agar Porprov 2026 bisa mempertandingkan 60 cabang olahraga. Sekum KONI Kendal Wahyu Widayanto juga menyebut daerahnya sangat antusias menjadi tuan rumah.

Sementara Ketua Harian KONI Jateng Bambang Bambang Rahardjo merasa gembira dengan keseriusan empat KONI Semarang Raya untuk jadi tuan rumah Porprov 2026.

“Kami bersama tim dan pengurus KONI Jateng akan mendekati KONI Kabupaten Semarang untuk bergabung menjadi tuan rumah. Kalau tanpa Kabupaten Semarang, kurang pas disebut Semarang Raya,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS