Kasus Lakalantas Mudik 2023 Turun 39%, Menko PMK Beri Apresiasi Jajaran Polri

SetyoNt - Senin, 24 April 2023 21:41 WIB
Kasus Lakalantas Mudik 2023 Turun 39%, Menko PMK (dua dari kiri) Beri Apresiasi Jajaran Polri (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) pada saat mudik Lebaran 2023 sebanyak 2.117 kasus, turun sebesar 39% dibandingkan tahun lalu sebanyak 3.573 kasus.

Hal ini disampaikan Menko PMK, Muhadjir Effendi saat membuka secara resmi one way arus balik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang (24/4/2023).

Sedangkan jumlah korban meninggal dunia akibat kasus lakalantas mulai H-5 hingga hari H mudik lebaran turun sebesar 72% yakni sebanyak 164 orang, sedangkan tahun lalu sebanyak 583 orang.

“Sedangkan korban luka akibat lakantas arus mudik lebaran turun sebesar 33% menjadi 2.013 orang dari sebanyak 2.990 orang pada mudik tahun 2022,” ujar Muhadjir.

Menko PMK pun memberikan apresiasi pada jajaran Polri serta instansi terkait dalam penanganan arus mudik dan balik pada Hari Raya Idulfitri 2023.

“Penanganan lebih baik dibanding tahun lalu. Tentunya ini berkat kerja keras semua pihak khususnya jajaran Polri sampai tingkat bawah, Jasa Marga, pengelola jalan tol dan pemerintah daerah,” ujar Muhadjir.

Selain memberi apresiasi pada jajaran Polri dan instansi terkait, Muhadjir juga memberikan apresiasi atas peran media massa karena memberikan andil besar dalam menyebarkan informasi terkait arus mudik dan balik kepada masyarakat.

"Informasi dari media juga sangat membantu pengambilan kebijakan terkait pengamanan mudik ini. Kami sangat terbantu berkat informasi yang diberikan media, karena itu kami berikan apresiasi," tandas Menko PMK. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS