Jateng Terjunkan Tim Penyuluh Pantau Penyakit Mulut Kuku

Sulistya - Selasa, 17 Mei 2022 14:57 WIB
undefined

Semarang, Jatengaja.com – Tim penyuluh untuk memantau dan menangani penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Tengah telah diterjunkan. Tim bertugas mengecek kondisi hewan ternak untuk memastikan dalam kondisi sehat.

"Semua dipantau. Sekarang masih dalam pantauan terus menerus," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022).

Dijelaskan, tim penyuluh merupakan instruksi langsung dari gubernur kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau ada petani atau peternak yang sapinya bermasalah, segera kontak penyuluh dan dinas," kata gubernur.

Menurut Ganjar, tim penyuluh didampingi dari Polda Jawa Tengah. Komunikasi dengan Polda sudah dilakukan sejak jauh hari dan akan bersinergi dalam memantau dan menangani penyakit itu.

"Kita juga sudah bicara dengan Kapolda, Krimsusnya sudah siap untuk menjaga itu. Kita kerja bareng," katanya.

Ganjar tidak menyangkal bahwa penyakit mulut dan kuku yang menjangkit hewan ditemukan di banyak daerah di Jawa Tengah. Namun ia memastikan saat ini masih terkendali karena penyakit tersebut bisa diobati. Oleh karena itu masyarakat diminta tidak panik.

Gubernur meminta setiap daerah bergerak secara intensif memantau penyakit mulut dan kuku. Langkah Bupati dan Wali Kota di Jawa Tengah yang turun langsung memantau juga mendapat apresiasi dari Ganjar.

"Ketat. Semua ketat. Maka betul di daerah perbatasan harus kita lakukan kontrol ketat. Kita sudah punya pengalaman menangani wabah atau pandemi pada manusia," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS