Inilah 10 Kota Layak Huni di Dunia Tahun 2022, Tak Ada Kota di Indonesia

SetyoNt - Senin, 12 September 2022 11:15 WIB
Inilah Deretan Kota yang Dinobatkan Layak Huni di Dunia Tahun 2022, Ada dari Asia? (Pexels.com/Anton Uniqueton)

Jakarta, Jatengaja.com - Berdasarkan hasil laporan Economist Intelligence Unit (EIU) dan Global Liveability Index 2022 memberikan peringkat 10 kota layak huni di seluruh dunia. Tak ada kota di Indonesia yang masuk dalam daftar itu.

Seperti diketahui Economist Intelligence Unit merupakan bagian dari The Economist yang memberikan daftar dan memberi peringkat dari 172 kota di seluruh dunia yang layak huni yang diperhitungkan berdasarkan berbagai faktor.

Fator itu antara lain seperti tingkat kejahatan, perawatan kesehatan, stabilitas politik suatu daerah, infrastruktur, dan akses suatu daerah terhadap ruang hijau. Namun, hingga sampai saat ini kota-kota di Eropa tetap mendominasi peringkat teratas.

Bila pada tahun 2021, posisi pertama kota paling layak huni justru diraih oleh Auckland yang berada di Selandia Baru. Namun, saat ini peringkat Auckland justru merosot ke peringkat nomor 34.

Pada tahun 2022 ini, kota Wina yang berlokasi di Austria berhasil meraih peringkat pertama menjadi kota paling layak huni di dunia tahun ini.

Diketahui peringkat Wina berhasil naik dibandingkan peringkatnya pada tahun lalu yaitu peringkat 12, di mana Wina masih memberlakukan kebijakan penutupan museum dan restoran akibat pandemi COVID-19. Sebelum tahun 2022, Wina sempat menjadi kota paling layak huni di dunia pada tahun 2019 dan 2018.

Berikut daftar 10 kota paling layak huni di dunia menurut The Global Liveability Index 2022 yang dilansir dari Jogjaaja.com jaringan Jatengaja.com.

1. Wina, Austria

2. Kopenhagen, Denmark

3. Zurich, Swiss

4. Calgary, Kanada

5. Vancouver, Kanada

6. Jenewa, Swiss

7. Frankfurt, Jerman

8. Toronto, Kanada

9. Amsterdam, Belanda

10. Osaka, Jepang sekaligus Melbourne, Australia

Itu tadi peringkat 10 besar kota paling layak huni di dunia pada 2022. Ternyata masih ada satu kota di Asia yang layak huni yaitu Osaka di Jepang. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS