IndiTalk IndiHome Jateng DIY Gelar Webinar Perencanaan Keuangan

Sulistya - Senin, 25 Juli 2022 17:21 WIB
IndiHome Jateng DIY menggelar Webinar IndiTalk dengan tema Financial Planning yang bertema Financial Freedom Star From Here. (Jatengaja.com/dok)

Semarang, Jatengaja.com - IndiHome Jateng DIY menggelar Webinar IndiTalk dengan tema Financial Planning yang bertema Financial Freedom Start From Here, Kamis (21/7/2022).
Perencanaan keuangan atau financial planning adalah salah satu hal penting dalam mengelola keuangan. Tidak hanya bagi bisnis, melainkan juga pribadi. Namun, sayangnya masih banyak yang mengabaikan pentingnya Cara Mengatur Keuangan tersebut. Bahkan beberapa di antaranya belum memahami apa itu financial planning.
Topik ini sangat penting untuk semua orang yang ingin mewujudkan cita-citanya mencapai Financial Freedom. Untuk mencapai hal tersebut tentunya kita perlu mengetahui caranya terlebih dahulu yaitu salah satunya dengan Berinvestasi.

Hal itu ditekankan pembicara, Eko Endarto selaku Koki Duit, Finanncial Planner sebagai pemateri. Eko menjelaskan, berbagai hal tentang mencapai Financial Planning dan bagaimana cara agar bisa mewujudkan Financial Freedom.
Di antaranya, tabungan emas bisa melalui Pegadaian, berinvestasi melalui aplikasi seperti PINA, bibit, dan lainya. Lalu investasi di produk keuangan, dan digital business lenses.
Star From Here, dengan menabung setiap harinya di tabungan emas pegadaian ataupun berinvestasi diaplikasi setiap harinya. Tentunya akan membuat perubahan terhadap pola kebiasan kita dalam mengelola keuangan.

"Beda halnya dengan menabung setiap hari Rp 1 jutaselama 10 bulan dengan menabung Rp 10 juta sekaligus, ini akan menghasilkan impact sangat berbeda," katanya.

Tahapan Keuangan
Dikatakan Eko, ada tiga tahapan keuangan dalam usia produktif. Pertama, usia 20-29 tahun disebut sebagai pemula dimana waktunya masih banyak, tenaga masih ada, uangnnya tidak ada.

Kedua 30-59 tahun disebut sebagai stabil, dimana tenaga masih ada, uangnya ada, dan waktunya tidak ada karna bekerja terus. Ketiga 60 tahun ke atas disebut sebagai mapan dimana uangnya ada, waktunya ada, tenaganya yang sudah tidak ada.

Caranya, supaya bisa menjalankan usia dengan mulus secara keuangan, tenaga, dan waktu dengan baik yaitu harus mempersiapkan financial planning mulai dari sekarang dengan membuat komposisi portofolio dan usia.
Para peserta terlihat antusias mengikuti sesi tanya jawab yang dipandu Sessy Refi selaku host. Salah satu pertanyaan menarik dari Rendra yang mempertanyakan dana darurat, apakah tepat digunakan untuk berinvestasi dan dimanakah kira-kira investasi yang paling tepat dengan menggunakan dana darurat tersebut.

Tidak kalah menarik adalah sesi pemberian hadiah kepada peserta, yaitu pengumuman lucky snap, penanya terbaik, dan juga closing statement dari Chirstianus Widya Utomo selaku Manager Sales Promotion and Pricing Telkom Regional IV Jateng dan DIY.

Para peserta berharap webinar IndiTalk bisa terus diadakan dengan tema-tema lain yang menarik dan memberikan edukasi yang bermanafaat bagi masyarakat.

Bagi yang ketinggalan webinar IndiTalk, bisa ditonton di Youtube: IndiHome Jateng DIY. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS