IndiHome - Komunitas Tangan Terampil Gelar IndiTalk Entrepreneur untuk Menjadi Wirausaha Muda

Sulistya - Jumat, 28 Oktober 2022 20:38 WIB
IndiHome melalui acara IndiTalk “Wirausaha Muda Bersatu, Indonesia Maju” merupakan upaya agar membantu para wirausaha mendapatkan gambaran sekaligus pengetahuan bisnis.

Semarang, Jatengaja.com – IndiHome melalui acara IndiTalk “Wirausaha Muda Bersatu, Indonesia Maju” merupakan upaya agar membantu para wirausaha mendapatkan gambaran sekaligus pengetahuan bisnis usaha dengan menghadirkan pembicara yang handal sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Itu karena menjadi seorang wirausaha muda tidaklah mudah, perlu ada persiapan mental dan bekal ilmu yang cukup supaya usaha dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

IndiTalk digelar di Aula Dinkop UKM Jawa Tengah dan terbuka gratis untuk masyarakat umum pada Kamis (27/10/20022). Tidak kurang dari 100 wirausaha muda berkumpul di aula Gatot Kaca, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti kegiatan Entrepreneurs Talk.

IndiTalk digelar IndiHome dan Tangan Terampil bekerjasama dengan HIPMI Jawa Tengah serta Kadin Jawa Tengah.

Wulan Rudy Prasetyo selaku Ketua HIPMI Jawa Tengah yang menjadi salah satu pembicara menjelaskan, banyak pengusaha sukses di Indonesia yang berhasil menjalankan bisnis di usia muda dikarenakan faktor kerja keras, pantang menyerah, keuletan, serta tekat yang kuat.

Wulan Rudy Prasetyo merupakan sosok inspiratif wirausaha muda yang bergelut dalam berbagai bidang usaha, mulai dari properti hingga peralatan transportasi. Wulan Rudy menuturkan, kini ada banyak perusahaan start up Indonesia atau Jawa Tengah yang turut andil dalam memajukan perekonomian Indonesia.

“Semangat dalam merintis usaha dapat memberikan dampak yang positif baik dalam pengurangan pengangguran, peningkatan kreativitas usaha, serta tumbuhnya usaha yang kompetitif,” tuturnya.

Wira Usaha Muda

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Dra Ema Rachmawati MHum juga sepakat, bahwa generasi muda sebagai pilar bangsa patut dikembangkan. Dijelaskan, negara dikatakan maju apabila jumlah wirausaha muda mencapai 2 persen dari total jumlah penduduk.

Untuk wilayah Jawa Tengah, masih perlu peningkatan angka pertumbuhan wirausaha muda, oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM sangat menyambut baik kolaborasi program dan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti dengan HIMPI dan Kadin Jateng yang sudah jelas memiliki komitmen untuk menumbuhkan kewirausahaan.

Adapun Naneth Ekopriyono, Wakil Ketua Kadin Jawa Tengah Bidang Kewirausahaan, juga mengungkapkan bahwa kewirausahaan sejatinya perlu diterapkan baik melalui lingkungan keluarga maupun pergaulan.

“Pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya mengenai kewirausahaan dapat merubah pola pikir seseorang,” kata Naneth.

Selain talkshow, juga diadakan kegiatan monitoring terhadap peserta yang didukung oleh tim mentor yang terdiri dari akademisi, praktisi dan konsultan UKM Dinkop Propinsi Jateng. Dengan demikian diharapkan dalam rangka Sumpah Pemuda, kegiatan ini dapat berkontribusi untuk menumbuhkan wirausaha muda di Indonesia khususnya wilayah Jawa Tengah.

Christianus Widya Utomo, selaku Manager Sales, Promotion, and Pricing Telkom Regional IV Jateng & DIY mengatakan, IndiHome akan selalu mendukung kegiatan komunitas dan UKM serta memberikan wadah untuk pelaku usaha memasarkan produk khususnya melalui media digital.

“Sehingga event IndiTalk IndiHome ini nantinya akan diadakan secara berkelanjutan setiap bulannya dengan jumlah peserta UKM yang semakin banyak dan banyak wirausaha muda sukses di Semarang dan sekitarnya” ujar Christianus. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS