Ganjar Kukuhkan 35 Anggota Paskibraka Jateng 2022

SetyoNt - Selasa, 16 Agustus 2022 16:21 WIB
Ganjar Kukuhkan 35 Anggota Paskibraka Jateng 2022 (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengukuhkan 35 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Jawa Tengah tahun 2022.

Ke-35 anggota Paskibraka putra dan putri tersebut berasal dari pelajar SMA dari 35 kabupaten/kota se- Jawa Tengah (Jateng) yang lolos seleksi secara ketat.

Mereka akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Jateng di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Samarang, Rabu 17 Agustus 2022.

“Selamat untuk anak-anak yang hebat karena mereka bisa melalui proses seleksi yang fair dan bagus. Kami ingin mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik,” kata Ganjar usai pengukuhan anggota Paskibraka Jateng di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang Senin 15 Agustus 2022 malam.

Usai pengukuhan, Ganjar memberikan selamat secara langsung kepada 35 orang anggota Paskibraka serta menanyai satu per satu mengenai latar belakang dan cita-cita.

Menurutnya terpilih menjadi anggota Paskibraka bukan hanya kebanggaan tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak lain untuk lebih disiplin. Sebab banyak anak-anak seusia mereka yang ingin tetapi belum dapat terpilih.

Untuk itu pengalaman yang didapatkan, baik itu nilai-nilai kemanusiaan maupun kebangsaan agar bisa menjadi bekal di masa depan.

“Nilai-nilai itu yang mereka bisa menginternalisasikan, termasuk mereka mencintai bangsa dan negara ini. Membawa relasi yang baik antarsesama tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, golongan itu dididik mulai hari ini,” ujarnya.

Sementara, anggota Paskibraka perwakilan dari Kota Magelang, Fajar Anggadinata menyatakan untuk dapat terpilih menjadi anggota Paskibraka Jateng 2022 telah melewati proses yang panjang.

Dimulai pada seleksi tahap pertama yang dilakukan beberapa bulan lalu hingga akhirnya lolos seleksi tingkat Provinsi Jateng. Setelah itu mengikuti program pemantapan yang diselenggarakan sejak tanggal 4 Agustus lalu.

“Kami melalui proses yang sangat panjang baik fisik dan mental. Untuk Seleksinya sudah mulai beberapa bulan lalu, sedangkan untuk pemantapan mulai tanggal 4 Agustus 2022,” ujar pelajar SMAN 3 Kota Magelang. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS