Dukung Timnas U-16 Indonesia Hadapi Vietnam Berebut Juara Piala AFF Tahun 2022

SetyoNt - Kamis, 11 Agustus 2022 10:14 WIB
Dukung Timnas U-16 Indonesia Hadapi Vietnam Berebut Juara Piala AFF Tahun 2022 (Jatengaja.com/dok.pssi.or.id)

Jatengaja.com – Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi tim Vietnam untuk memperebutkan juara Piala AFF U-16 Tahun 2022. Langkah Indonesia maju ke babak final setelah menang atas tim Myanmar skor 6-6 melalui adu pinatlyi pada semifinal.

Laga babak final Piala AFF U-16 Tahun 2022 antara Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam akan berlangsung pada Jumat12 Agustus 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pukul 20.00 WIB.

Timnas Indonesia terakhir kali memenangkan turnamen AFF dan memboyong trofi juara pada 2018 setelah membekuk Thailand di partai final lewat adu penalti (4-3).

Langkah timnas U-16 Indonesia ke babak final setelah menang melalui drama adu pinalti melawan tim Myanmar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8).

Di laga itu Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu dari Myanwar setelah Nay Min Htet membuat gol pada menit ke-44’.

Namun, pada babak kedua, pemain timnas Indonesia Muhammad Riski Afrisal menyamakan kedudukan melalui tandangan bebas di menit ke-70.

Kedudukan imbang itu bertahan sampai usai waktu normal. Berdasarkan regulasi turnamen, laga langsung berlanjut ke adu tendangan penalti, tanpa perpanjangan waktu pertandingan.

Pada adu pinalti, lima algojo timnas U-16 Indonesia masing-masing Muhammad Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Muhammad Riski Afrisal dan Muhammad Nabil Asyura sukses mejebol gawang Mynmar.

Sedangkan dari lima algojo Myanmar, hanya empat penendang yakni Kaung Khant Zaw, Brang Don Le, Khon Cho Htoo, Myat Phone Khant, dan tendangan Shine Wanna Aung yang berhasil ditepis oleh Andrika Rachman.

Tim asuhan pelatih kepala Bima Sakti itu pun melaju ke partai puncak turnamen tersebut, dengan skor kemenangan 5-4 (1-1).

“Saya memohon maaf kepada suporter tadi yang hadir di stadion dan penonton yang menyaksikan di rumah, karena laga tadi sedikut menegangkan. Namun Alhamdulillah, kita bisa mengatasinya dan memenangkan pertandingan,” tutur pelatih Bima Sakti dilansir dari pssi.org.

Penjaga gawang Andrika Fathir Rachman bersyukur atas kemenangan timnya serta akan berusaha lebih keras lagi untuk memenangkan laga final.

“Semoga kami bisa menang lawan Vietnam dan membawa Indonesia menjadi juara,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS