Buka Popda Jateng 2022, Ganjar Berharap Bisa Cetak Atlet Kelas Dunia

SetyoNt - Selasa, 12 Juli 2022 20:50 WIB
Buka Popda Jateng 2022, Ganjar Berharap Bisa Cetak Atlet Kelas Dunia (Jatengaja.com/dok. humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo berharap melalui Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2022 dapat cetak atlet kelas dunia.

Harapan ini disampaikan Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan pada pembukaan ajang Popda Jateng 2022, di Semarang, Selasa (12/7).

“Saya berharap betul di antara atlet Popda kelak akan tumbuh menjadi atlet level provinsi, nasional dan berkiprah di dunia,” katanya.

Ganjar mencontohkan atlet muda panjat tebing asal Batang, Kiromal Katibin yang berhasil menjadi juara dunia.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan, mental juara itu harus dipelihara dan disiapkan untuk para atlet pelajar menjadi anak-anak hebat yang membanggakan Indonesia.

“Harapan saya mereka nantinya akan mengibarkan sang saka Merah Putih di langit penjuru dunia. Itu adalah kebanggaan kita semuanya,” tegasnya.

Pemprov Jateng, sambung Ganjar, terus mendukung pendampingan para atlet dengan beragam upaya. Selain ajang kompetisi Popda, ada Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) untuk membina atlet pelajar berpotensi.

“Dengan cara itu kita bisa melihat atau melakukan talent scouting, dari apa-apa yng dimiliki bakat anak kita. Ya itulah proses pendampingannya kita siapkan nanti mereka bisa terus saja untuk bisa bertanding di banyak event,” tandasnya.

Ajang Popda Jateng 2022 akan berlangsung mulai 12 Juli hingga 19 Juli. Pelaksanaannya dibagi dua tahap karena masih suasana pandemi.

Total 27 Cabang Olahraga (Cabor) resmi dan lima cabor eksebisi. Popda Jateng diikuti sebanyak 3.333 atlet pelajar se Jawa Tengah. Mereka akan memperebutkan 195 emas, 195 perak dan 311 perunggu.

Selain di Kota Semarang, nantinya ada beberapa cabang olahraga yang digelar di Kabupaten Pati. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS