Bupati Semarang Minta Pelayanan Puskesmas Terus Ditingkatkan

Sulistya - Selasa, 12 Juli 2022 11:57 WIB
Bupati Semarang, Ngesti Nugraha meresmikan bangunan baru Puskesmas Jambu di kompleks Kantor Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. (dok/jatengprov.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Bupati Semarang, Ngesti Nugraha meminta jajaran di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bias trus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

“Saya berharap, jajaran kesehatan di semua Puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” kata bupati saat meresmikan bangunan baru Puskesmas Jambu di kompleks Kantor Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Senin (11/7/2022).

Bupati berharap, bangunan baru yang terletak sekitar 500 meter ke arah selatan gedung lama, dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan Puskesmas Jambu.

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penandatanganan prasasti.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Dwi Syaiful Nur Hidayat menuturkan, bangunan Puskesmas Jambu seluas 350 meter persegi.

Puskesmas didukung bangunan kantor dan halaman di lahan seluas total 1.480 meter persegi, dengan dana kontrak pembangunan mencapai Rp3,07 miliar.

“Puskesmas Jambu melayani warga di sembilan desa, di antaranya Bedono, Jambu, Kebondalem, Brongkol, Gemawang, dan Rejosari,” katanya.

Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Dinkes, Pramudya Teguh Sucipto menjelaskan, pembangunan Puskesmas Jambu dilakukan, karena bangunan yang lama sudah tidak memadai lagi.

Secara regulasi, sudah tidak memenuhi Permenkes Nomor 45 Tahun 2019 tentang Puskesmas. Kenyamanan dan keamanan pasien kurang memadai, karena terletak persis di tepi Jalan Raya Jambu-Magelang.

Menurutnya, saat ini Puskesmas Jambu hanya melayani rawat jalan. Di antaranya, balai pengobatan umum, pelayanan ibu anak, pelayanan kesehatan gigi, dan IGD.

“Sudah tersedia lahan untuk pengembangan rawat inap,” ujarnya. ()

Editor: Sulistya

RELATED NEWS