BPR Arto Moro Terima Penghargaan 100 Top BPR 2022

Sulistya - Kamis, 23 Juni 2022 09:23 WIB
Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan SSos (kanan) menerima penghargaan Top 100 BPR 2022 dari Majalah The Finance di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta beberapa waktu lalu. (Jatengaja.com/dok)

Semarang, Jatengaja.com – Pasca-pandemi Covid-19, performa semakin membaik ditunjukkan industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bahkan, meski diterpa pandemi Covid-19, industri BPR nasional relatif masih mampu menjaga kinerjanya selama masa pandemi pada dua tahun terakhir.

Pada tahun 2022, industri BPR diyakini mampu tumbuh lebih baik daripada tahun sebelumnya. Fungsi intermediasi diproyeksikan semakin berjalan dengan baik, profitabilitas dan kualitas kredit menjadi semakin sehat.

Salah satu pelaku industri BPR yang mampu mencatatkan kinerja sangat baik meski di masa Pandemi Covid-19 adalah BPR Arto Moro. Setelah membukukan kinerja sangat baik di tahun 2021 sehingga mendapatkan penghargaan Infobank Award 2021, kali ini BPR Arto Moro kembali terpilih masuk ke dalam jajaran Top 100 BPR 2022 versi majalah The Finance.

Penilaian didasarkan pada Laporan Keuangan Publikasi (LKP) BPR selama kurun 3 tahun terakhir dari September 2019 – September 2021 dengan indikator meliputi pertumbuhan, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi.

Penyerahan penghargaan Top 100 BPR 2022 dilakukan Jumat (17/6/2022), di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta. Hadir menerima penghargaan tersebut adalah Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan SSos didampingi pejabat terkait.

Ditemui seusai mengikuti penyerahan piagam penghargaan, Darmawan mengatakan, penghargaan ini melengkapi Infobank Award yang sudah diterima sebelumnya. Penghargaan yang diterima tersebut, menurut Darmawan, menjadi pemicu semangat bagi BPR Arto Moro untuk berkontribusi yang lebih baik kepada masyarakat.

“Award ini merupakan penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik kepada nasabah dan masyarakat. Kami akan terus meningkatkan layanan demi memberikan layanan kontribusi lebih kepada masyarakat, khususnya industri UMKM. Untuk memperkuat sektor pembiayaan UMKM sendiri, kami sudah dipercaya untuk menjalin kerjasama dengan beberapa bank umum besar, diantaranya Bank Jateng, Bank BJB, Bank Mandiri, CIMB Niaga, BPR Lestari Group, Bank DKI, Bank DIY, Bank Mayapada dan PT NBP,” tutur Darmawan.

Dikatakan, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa BPR Arto Moro merupakan BPR berkinerja sangat bagus dan sehat. Hal ini menurutnya karena pemberian penghargaan didasarkan kepada penilaian indikator-indikator tingkat kesehatan perbankan seperti modal, likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, dan NPL.

“Hanya BPR yang berkinerja baik dan sehat yang bisa memperoleh penghargaan ini. Tidak hanya dalam waktu yang singkat, tetapi berkelanjutan yaitu selama 3 tahun berturut-turut. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada nasabah dan masyarakat yang terus mendukung BPR Arto Moro hingga mampu terus bertumbuh dan mampu berkinerja sebaik ini meski masih di masa Pandemi sekalipun,” kata Darmawan.

Adapun Komisaris Utama sekaligus Pemegang Saham Pengendali (PSP) BPR Arto Moro, Dr H Subyakto SH MH MM mengatakan, pihaknya berpesan kepada Direksi untuk tidak cepat puas, terus memacu diri sehingga mampu meraih Penghargaan Top 100 BPR setiap tahunnya.

“Tidak mudah mendapatkan penghargaan ini. Sebanyak 1.481 BPR di seluruh Indonesia dinilai performa dan tingkat kesehatannya selama kurun waktu 3 tahun terakhir. Alhamdulillah, dari jumlah tersebut, BPR Arto Moro terpilih masuk menjadi 100 TOP BPR. Saya sangat mengapresiasi pencapaian ini dan mendorong Direksi agar mampu mempertahankan kinerja bagus ini untuk seterusnya,” kata Subyakto. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS