Afghanistan Diguncang Gempa 6,1 Skala Richter Akibatkan 1.000 Orang Tewas

SetyoNt - Rabu, 22 Juni 2022 21:21 WIB
Salah satu rumah yang rusak karena gempa (Al Jazeera)

Afghanistan, Jatengaja.com - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang wilayah bagian tenggaran Afghanistan mengakibatkan sekitar 1.000 orang tewas dan lebih dari 1.500 orang mengalami luka berat serta ringan.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika, gempa itu terjadi sekitar 44 km dari kota Khost Afghanistan dekat dengan perbatasan negara itu dengan Pakistan, dan berada pada ke dalaman 51km pada Rabu (22/6).

Sebagian besar korban tewas berada di Provinsi Paktika. Rekaman dari daerah itu, dekat perbatasan Pakistan, menunjukkan para korban dibawa ke helikopter untuk diterbangkan dari daerah itu.

"Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya," kata pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi dikutip Al Jazeera.

skynews

Direktur jenderalnya, Abdul Wahid Rayan, menulis di Twitter bahwa 90 rumah hancur di provinsi Paktika dan puluhan orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan.

"Gempa bumi dahsyat mengguncang empat distrik di provinsi Paktika, menewaskan dan melukai ratusan warga negara kami dan menghancurkan puluhan rumah," cuit Bilal Karimi, wakil juru bicara pemerintah Taliban.

“Kami mendesak semua lembaga bantuan untuk mengirim tim ke daerah itu segera untuk mencegah bencana lebih lanjut,” ujarnya. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 22 Jun 2022

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS